Jenis-jenis Penyakit Hepatitis, Terbaru Masuk Jenis Apa? Kenali Gejala dan Cara Mencegahnya

- 4 Mei 2022, 12:00 WIB
Ilustrasi - Informasi jenis, gejala, dan cara mencegah penyakit hepatitis akut.
Ilustrasi - Informasi jenis, gejala, dan cara mencegah penyakit hepatitis akut. /PIXABAY/@PublicDomainPictures

BERITA DIY - Kenali gejala, cara mencegah, dan berbagai jenis penyakit hepatitis hingga yang terbaru mulai menyebar.

Melalui rilis resmi yang diberikan pada 1 Mei 2022 Kementerian Kesehatan merilis mengenai adanya kasus hepatitis akut yang diduga telah menyebabkan adanya korban di Indonesia.

Disebutkan bahwa adanya dugaan penyakit hepatitis akut tersebut mengakibatkan dugaan penyebab yang membuat 3 pasien yang sebelumnya dirawat kemudian meninggal dunia.

Baca Juga: Apa itu Penyakit Hepatitis? Kenali Jenis-jenis Hepatitis Berbahaya, Ini Cara Mencegah dan Mengobatinya

Dugaan mengenai adanya pasien yang kemudian meninggal dunia diduga diakibatkan hepatitis akut tersebut memiliki berbagai gejala seperti mual, muntah, diare berat, demam, kuning, kejang dan penurunan kesadaran.

Kasus adanya dugaan hepatitis akut sendiri memang telah dikonfirmasi oleh badan kesehatan dunia sebagai Kejadian Luar Biasa atau KLB dengan melihat peningkatan tren terjadinya kasus tersebut.

Pasalnya dikonfirmasi bahwa sejumlah negara di dunia telah melaporkan adanya kasus mengenai dugaan hepatitis akut yang diawali pada pertengahan bulan April 2022 yang lalu.

Baca Juga: Kasus Hepatitis Akut Menyerang Anak, Apa Penyebabnya hingga WHO Nyatakan Kejadian Luar Biasa pada Kasus Ini

Sedangkan Kemenkes sendiri melalui laman resminya telah mengumumkan mengenai gejala yang dapat diwaspadai terkait dengan dugaan adanya penyakit hepatitis akut tersebut.

Disebutkan bahwa gejala yang dapat diketahui oleh pasien dengan dugaan terkena penyakit hepatitis akut tersebut yaitu seperti sakit perut, muntah-muntah, diare mendadak, buang air kecil berwarna teh tua, buang air besar berwarna pucat, kejang, penurunan kesadaran.

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x