5 Cara Cegah Hepatitis Akut pada Anak Usia 1 Bulan Sampai 16 Tahun, Waspadai Gejala Ini untuk Antisipasi

- 5 Mei 2022, 11:34 WIB
5 cara cegah Hepatitis Akut pada anak 1 bulan sampai 16 tahun. Waspadai Gejala ini untuk antisipasi penularan lewat makanan dan kontak fisik.
5 cara cegah Hepatitis Akut pada anak 1 bulan sampai 16 tahun. Waspadai Gejala ini untuk antisipasi penularan lewat makanan dan kontak fisik. /PEXESL/cottonbro

BERITA DIY – Berikut 5 cara cegah penyakit Hepatitis Akut menyerang pada anak yang berusia 1 bulan hingga 16 tahun. Dengan mengetahui cara cegah penyakit Hepatitis Akut, bisa membantu anak agar tidak mudah terserang penyakit tersebut.

Dengan 5 cara cegah penyakit Hepatitis Akut ini, setidaknya anak-anak dijauhkan dan tidak beresiko terjangkit oleh penyakit yang belum diketahui penyebabnya.

Menurut laporan WHO, anak yang terserang penyakit Hepatitis Akut akan memiliki gejala klinis dengan peningkatan enzim hati, sindrom jaundice (Penyakit Kuning) akut, dan gejala gastrointestinal (nyeri abdomen, diare dan muntah-muntah). Sebagian besar kasus tidak ditemukan adanya gejala demam.

Baca Juga: Apa Itu Hepatitis? Kenali Gejala, Penyebab, serta Cara Mencegah Penularan dan Mengobatinya

Sampai saat ini, belum diketahui penyebab dari penyakit tersebut, tetapi hanya bisa diantisipasi dengan 5 cara penyecagahan. Bahkan dalam pemeriksaan laboratorium diluar negeri telah dilakukan dan virus hepatitis tipe A, B, C, D dan E tidak ditemukan sebagai penyebab dari penyakit tersebut.

Sampai saat ini, setidaknya ada 74 kasus di luar negeri setelah dilakukan pemeriksaan secara molekuler, yanki teridentifikasi sebagai F type 41. Sedangkan SARS-CoV-2 ditemukan pada 20 kasus, dan 19 kasus terdeteksi adanya ko-infeksi SARS-CoV-2 dan adenovirus.

Kasus penyakit Hepatitis Akut yang terdeteksi, terjadi pada anak usia 1 bulan sampai dengan 16 tahun. Tujuh belas anak di antaranya (10%) memerlukan transplantasi hati, dan 1 kasus dilaporkan meninggal.

Baca Juga: Jenis-jenis Penyakit Hepatitis, Terbaru Masuk Jenis Apa? Kenali Gejala dan Cara Mencegahnya

Penyakit Hepatitis Akut sudah terdeteksi masuk ke Indonesia. Hal ini dikonfirmasi Kementerian Kesehatan (Kemkes) melalui surat edaran yang menjelaskan bahwa tiga pasien yang yang dirawat di RSUPN Dr, Ciptomangunkusumo Jakarta.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x