Apa Itu Hepatitis Akut? Ini Penjelasan Lengkap dengan Cara Mencegah Penularan terhadap Anak Umur 1 Bulan

- 10 Mei 2022, 15:05 WIB
ilustrasi - Apa itu Hepatitis akut? Ini penjelasan serta cara pencegahan penularan terhadap anak berumur 1 bulan – 16 tahun, agar tidak gagal hati.
ilustrasi - Apa itu Hepatitis akut? Ini penjelasan serta cara pencegahan penularan terhadap anak berumur 1 bulan – 16 tahun, agar tidak gagal hati. /PIXABAY/@PublicDomainPictures

BERITA DIY – Apa itu Hepatitis akut? Ini penjelasan serta cara mencegah penularan terhadap anak yang berumur 1 bulan – 16 tahun, agar tidak terjadi gagal hati.

Hepatitis akut pertama kali dilaporkan dari Inggris Raya pada 5 April 2022. Kemudian tiga hari setelahnya tiga negara lainnya melaporkan kasus yang serupa, hingga pada akhirnya, WHO menetapkan Hepatitis akut sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) pada 15 April 2022.

Sejak secara resmi dipublikasikan sebagai KLB oleh WHO, jumlah laporan terus bertambah, tercatat lebih dari 170 kasus dilaporkan oleh lebih dari 12 negara. Hepatitis akut Berat yang belum diketahui penyebabnya ini bukan ditimbulkan virus penyebab Hepatitis A, B, C, D dan E.

Baca Juga: Kasus Hepatitis Akut Belum Ditemukan di Yogyakarta, Dinas Kesehatan Ungkap Gejala yang Harus Diwaspadai

Adenovirus terdeteksi pada 74 kasus di luar negeri yang setelah dilakukan tes molekuler, teridentifikasi sebagai F type 41. SARS-CoV-2 ditemukan pada 20 kasus, sedangkan 19 kasus terdeteksi adanya ko-infeksi SARS-CoV-2 dan adenovirus.

Pada tanggal 16-30 April ditemukan kasus meninggal pada tiga anak di Indonesia yang diduga disebabkan oleh virus Hepatitis akut ini. Berdasarkan data, virus Hepatitis akut ini lebih banyak menyerang anak-anak usia 1 bulan sampai 16 tahun.

Hepatitis akut Berat yang belum diketahui penyebabnya ini memiliki gejala awal seperti mual-muntah, diare berat dan demam ringan serta gejala lanjutan seperti air kencing berwarna pekat seperti teh, dan BAB berwarna putih pucat, warna mata dan kulit menguning, gangguan pembekuan darah, kejang, dan kesadaran menurun.

Baca Juga: Perkembangan Penyakit Hepatitis Akut di Indonesia: Ketahui Gejala, Cara Mencegah Penularan, dan Jumlah Kasus

Efek dari Hepatitis akut ini, akan memiliki gejala klinis yang menyerang tubuh penderita, hal ini terjadi pada kasus anak usia 1 bulan sampai dengan 16 tahun. Tujuh belas anak yang terjangkit, di antaranya (10%) memerlukan transplantasi hati, dan 1 kasus dilaporkan meninggal.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x