Kasus Hepatitis Akut Belum Ditemukan di Yogyakarta, Dinas Kesehatan Ungkap Gejala yang Harus Diwaspadai

- 10 Mei 2022, 13:43 WIB
Ilustrasi - Dinkes Daerah Istimewa Yogyakarta dan Kota Jogja belum temukan laporan kasus hepatitis misterius akut. Ini gejala yang harus diwaspadai masyarakat.
Ilustrasi - Dinkes Daerah Istimewa Yogyakarta dan Kota Jogja belum temukan laporan kasus hepatitis misterius akut. Ini gejala yang harus diwaspadai masyarakat. /Pixabay/ Mohamed_hassan

BERITA DIY - Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta belum menemukan adanya kasus hepatitis misterius akut di wilayah DIY.

Kepala Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta Pembajun Setyaningastutie mengatakan pihaknya belum menerima laporan dari puskesmas, rumah sakit, maupun Dinkes Kabupaten/Kota terkait kasus hepatitis misterius akut.

Meski begitu, Pembajun tetap menghimbau agar masyarakat segera memeriksakan diri apabila mengalami BAB berwarna kuning tua atau warna kulit berubah kekuningan.

Baca Juga: Perkembangan Penyakit Hepatitis Akut di Indonesia: Ketahui Gejala, Cara Mencegah Penularan, dan Jumlah Kasus

Baca Juga: Identitas Pelaku Penusukan di Jogja yang Tewaskan 2 Pemuda: Alasan atau Motif Pelaku dan Kronologi Kejadian

Ia juga menginagtakan bahwa kasus hepatitis misterius akut yang melanda sejumlah negara bisa dicegah dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

"Dinkes DIY juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota untuk mengintensifkan komunikasi, edukasi, serta informasi terkait hepatitis misterius akut," katanya seperti dikutip dari ANTARA, Senin, 9 Mei 2022.

Pembajun menambahkan, jika muncul kasus hepatitis misterius akut masyarakat untuk segera melapor melalui aplikasi Sistem Informasi Hepatitis dan Penyakit Infeksi Saluran Pencernaan (SIHEPI).

Baca Juga: Kenali Gejala Hepatitis Pada Anak: Ini Cara Melakukan Pencegahan dan Cara Mengobati Penyakit Hepatitis

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x