Waspada, Penyakit Hepatitis Akut Menular Melalui Saluran Ini, Cek Cara Pencegahan Rekomendasi dari Kemenkes

- 6 Mei 2022, 13:15 WIB
Waspada, penyakit hepatitis akut menular melalui saluran ini, cek cara pencegahan rekomendasi dari Kemenkes.
Waspada, penyakit hepatitis akut menular melalui saluran ini, cek cara pencegahan rekomendasi dari Kemenkes. / PIXABAY/mohamed_hassan

BERITA DIY - Berikut merupakan cara penularan penyakit hepatitis akut melalui saluran pencernaan dan saluran pernafasan. Simak selengkapnya cara pencegahan sesuai dengan rekomendasi dari Kementerian Kesehatan.

Hepatitis Akut menjadi salah satu wabah penyakit yang harus diwaspadai saat ini. Penyakit hepatitis akut sejauh ini diketahui hanya menyerang anak-anak dengan rentan usia 1 bulan hingga 16 tahun.

Penyakit hepatitis akut diketahui setelah WHO mendapatkan laporan 10 kasus serupa dari Inggris Raya. Di Indonesia sendiri dilaporkan bahwa penyakit tersebut masuk setelah 3 anak meninggal dunia.

Baca Juga: Pahami Gejala Penyakit Hepatitis Akut Pada Anak Usia 1 Bulan Hingga 16 Tahun dan Cara Pencegahan dari Kemenkes

Sampai saat ini, ahli kesehatan masih melakukan penelitian lebih lanjut terkait dengan virus penyebab penyakit hepatitis akut. Hal tersebut dilakukan karena sebelumnya tidak pernah terjadi kasus serupa yakni penyakit yang menyerang hati dengan kasus dan gejala tersebut.

Kementerian Kesehatan merespon hal tersebut dengan mengeluarkan surat edaran bernomor HK.02.02/C/2515/2022 tentang kewaspadaan terhadap penemuan kasus hepatitis akut. Surat tersebut dikeluarkan oleh Kemenkes sebagai upaya tindakan pencegahan awal dari terpaparnya penyakit hepatitis akut.

Dilansir dari situs resmi Kemenkes di sehatnegriku.kemkes.go.id, penyakit tersebut diduga menyerang saluran pernafasan. Hal tersebut dapat dilihat dari gejala yang ditimbulkan dari sejumlah kasus penyakit hepatitis akut.

Baca Juga: 5 Cara Cegah Hepatitis Akut pada Anak Usia 1 Bulan Sampai 16 Tahun, Waspadai Gejala Ini untuk Antisipasi

Adapun beberapa gejala umum yang ditemukan pada anak yang terpapar adalah sebagai berikut :

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x