11 Cara Mengatasi Overthinking Berlebihan dan Tips Melatih Diri untuk Bersikap Mindfulness

- 9 Mei 2022, 08:41 WIB
 Ilustrasi overthinking berlebihan. 11 cara mengatasi overthinking berlebihan dan tips melatih diri untuk bersikap mindfulness.
Ilustrasi overthinking berlebihan. 11 cara mengatasi overthinking berlebihan dan tips melatih diri untuk bersikap mindfulness. /PEXELS/@energepic.com

BERITA DIY - Berikut 11 cara mengatasi overthinking berlebihan dan tips melatih diri untuk bersikap mindfulness. Dalam istilah psikologi overthinking adalah memikirkan sesuatu secara berlebihan dan terus menerus.

Seseorang yang mengalami overthinking pikirannya selalu terganggu dengan hal-hal yang menyedihkan dan dia tidak mampu keluar dari pikiran tersebut.

Overthinking jika tidak ditangani dengan baik dapat menimbulkan kondisi yang berbahaya seperti meningkatkan risiko masalah kesehatan mental.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Perasaan Insecure atau Rasa Cemas dan Overthinking, Tips Praktis dan Mudah Dilakukan

Selain itu overthinking juga memicu masalah gangguan tidur yang dapat mempengaruhi kondisi kesehatan secara keseluruhan.

Overthinking sangat merugikan karena orang yang mengalaminya akan banyak membuang waktu dan energi secara cuma-cuma serta aktivitas lain terbengkalai.

Dikutip BERITA DIY dari laman resmi RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Malang, Jawa Timur. Berikut ini 11 cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi overthinking berlebihan:

Baca Juga: Bocoran Ikatan Cinta 27 Juli 2021: Pak Iman Kurung Elsa di Hotel Prodeo, Catherine Buat Nino Overthinking?

1. Kesadaran berpikir merupakan langkah pertama yang dilakukan untuk menyelesaikan masalah overthinking. Dengan demikian orang yang mengalami overthinking dapat menyadari bahwa apa yang dia pikirkan merupakan hal yang tidak penting.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x