Tiga Amalan dan Doa Malam Lailatul Qadar di Akhir Ramadhan 2022 Selain Sholat Malam dengan Meningkatkan Dzikir

- 29 April 2022, 14:30 WIB
Ilustrasi - Tiga amalan dan doa Malam Lailatul Qadar di akhir bulan Ramadhan 2022, selain sholat malam bisa dengan meningkatkan dzikir dan doa.
Ilustrasi - Tiga amalan dan doa Malam Lailatul Qadar di akhir bulan Ramadhan 2022, selain sholat malam bisa dengan meningkatkan dzikir dan doa. /UNSPLASH/@arunanoop

BERITA DIY – Berikut tiga amalan dan doa malam Lailatul Qadar di akhir Ramadhan 2022, selain sholat malam dengan meningkatkan dzikir.

Diakhirnya bulan puasa Ramadhan, keutamaan umat muslim adalah menanti hadirnya malam Lailatul Qadar. Malam Lailatul Qadar dapat dimaknai sebagai malam penuh kemuliaan, lantaran pada malam tersebut turunnya al-Qur’an sebagai risalah penuntun hidup manusia, terutama umat muslim.

Keistimewaan malam Lailatul Qadar bahkan diabadkan dalam al-Qur’an pada surat Ad-Dukhan ayat 3 dan 4, bahwa "Sesungguhnya Kami menurunkannya pada malam yang diberkahi. Sungguh, Kamilah yang memberi peringatan. Pada (malam itu) dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah."

Baca Juga: Bacaan Niat Sholat Malam Lailatul Qadar dan Tata Caranya, Kapan Datangnya Malam 1.000 Bulan Itu?

Meski waktu terjadinya belum bisa dipastikan seratus persen, akan tetapi para ulama sudah berusaha memprediksi kapan terjadinya. Nabi Muhammad Saw. mengisyaratkan datangnya malam istimewa tersebut dalam sabdanya:

تَحَرَّوْا ليلة القدر في العشر الأواخر من رمضان

Carilah Lailatul Qadar itu pada sepuluh hari terakhir Ramadan, ” (Muttafaqun ‘alaihi dari Aisyah radliyallahu ‘anha)

Dalam kitab Shahih Al-Bukhari dan Shahih Muslim disebutkan, dari Aisyah radliyallahu anha, ia berkata:

Baca Juga: Malam Lailatul Qadar Jatuh Pada Tanggal 27 Ramadhan? Ini Tata Cara Sholat Lailatul Qadar, Bacaan Niat dan Doa

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x