Niat dan Cara Sholat Malam Lailatul Qadar 2 dan 4 Rakaat Hari Ini, Keutamaan 10 Hari Terakhir Ramadhan

- 27 April 2022, 17:01 WIB
Ilustrasi bacaan doa niat dan tata cara sholat malam Lailatul Qadar beserta keutamaan.
Ilustrasi bacaan doa niat dan tata cara sholat malam Lailatul Qadar beserta keutamaan. /Pixabay/chiplanay

BERITA DIY - Berikut niat dan cara sholat malam Lailatul Qadar 2 dan 4 rakaat hari ini beserta keutamaan 10 hari terakhir bulan Ramadhan 2022.

Umat Islam telah menyambut malam Lailatul Qadar sejak tanggal 22 April 2022 lalu yang menandai 10 hari terakhir di bulan Ramadhan. Ada ibadah yang sangat baik dilakukan, salah satunya adalah sholat malam 2 atau 4 rakaat.

Disebutkan bahwa kemulaiaan 10 hari terakhir Ramadhan terutama di malam-malam ganjil yang disebut Lailatul Qadar, dipercaya lebih baik dari 1.000 bulan.

Baca Juga: Bacaan Niat Sholat Jamak Qoshor Dzuhur dan Ashar, Berapa Rakaat, Tata Cara Sholat Jama Takhir Magrib dan Isya

Itu artinya malam Lailatul Qadar adalah saat yang mulia dan penuh keagungan, sehingga umat Islam berlomba-lomba sholat malam, membaca Al-Quran, i'tikaf dan melaksanakan ibadah lainnya.

Bahkan, Rasulullah SAW pernah berpesan kepada umat-Nya untuk mencari malam-malam ganjil tersebut di 10 hari terakhir bulan Ramadhan.

تَحَرَّوْا وفي رواية : الْتَمِسُوْا لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِيْ الْوِتْرِ مِنْ الْعَشْرِ

Artinya: “Carilah malam Lailatul Qadar di (malam ganjil) pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan” [ Hadits Riwayat Bukhari 4/225 dan Muslim 1169].

Baca Juga: Tata Cara Sholat Qashar saat Mudik Lebaran 2022 Lengkap Bacaan Niat Latin dan Syarat Pelaku Perjalanan

Tanda-tanda datangnya malam Lailatul Qadar disebutkan bahwa matahari terbit tidak menyilaukan, malam yang indah, cerah, tidak panas, dan tidak juga dingin.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x