Ini Hari Raya Idul Fitri 2022 NU, Kemenag dan Muhammadiyah Tanggal Berapa: Yuk Hitung Lebaran Berapa Hari Lagi

- 29 April 2022, 12:56 WIB
Hari Idul Fitri tanggal berapa, Lebaran NU tanggal berapa, Idul Fitri 2022 jatuh pada tanggal, Lebaran berapa hari lagi Kemenag.
Hari Idul Fitri tanggal berapa, Lebaran NU tanggal berapa, Idul Fitri 2022 jatuh pada tanggal, Lebaran berapa hari lagi Kemenag. /UNSPLASH/@typebymayank

BERITA DIY - Saat ini banyak yang tanya Hari Idul Fitri tanggal berapa, Lebaran NU tanggal berapa, hari raya tanggal berapa NU, Idul Fitri 2022 jatuh pada tanggal, Lebaran berapa hari lagi Kemenag dan kapan hari raya Idul Fitri 2022 menurut Pemerintah.

Yuk ketahui hari raya Idul Fitri 2022 NU, Kemenag dan Muhammadiyah tanggal berapa beserta jadwal Lebaran berapa hari lagi.

Idul Fitri sendiri merupakan hari kemenangan usai umat Islam di seluruh dunia melaksanakan puasa sebulan penuh di bulan Ramadhan.

Baca Juga: Bacaan Surat Yasin Ayat 1 sampai 83 Arab Latin dan Indonesia Disertai Tata Cara Dzikir Tahlil dengan Doa Arwah

Sementara Idul Fitri terdiri dari kata Idul yang berarti kembali, sedangkan fitri bisa diartikan sebagai suci hingga bersih dari dosa.

Hari Raya Idul Fitri ditujukan sebagai momen bersukacita dan penuh berkah, di mana ini merupakan waktu untuk membagikan harta kekayaan kepada mereka yang tak mampu.

Idul Fitri tak sekadar kembali pada yang suci, melainkan juga diartikan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT atas kemenangan yang diperoleh usai menjalankan puasa.

Baca Juga: Tata Cara dan Bacaan Niat Sholat Lailatul Qadar Beserta Surat dan Doa, Ini Ciri-ciri Malam Lailatul Qadar

Kemenag sendiri menyatakan posisi hilal awal Syawal di Indonesia secara hisab telah memenuhi kriteria, yakni pada 1 Mei 2022 atau 29 Ramadhan 1443 H.

Halaman:

Editor: MR Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x