Hukum Sikat Gigi di Siang Hari Saat Puasa Ramadhan: Termasuk Makruh atau Boleh? Ini Penjelasannya

- 11 April 2022, 19:00 WIB
Ilustrasi - Ini hukum sikat gigi penjelasan apa makruh atau boleh dilakukan saat siang hari puasa Ramadhan.
Ilustrasi - Ini hukum sikat gigi penjelasan apa makruh atau boleh dilakukan saat siang hari puasa Ramadhan. /PIXABAY/@stevepb/560 images

BERITA DIY - Ketahui hukum sikat gigi saat puasa Ramadhan pada siang hari penjelasan lengkap apakah boleh atau makruh.

Menjaga kebersihan memang salah satu hal yang harus dilakukan oleh umat Islam, termasuk dalam kebersihan gigi dan mulut yang dimilikinya agar tidak mengeluarkan aroma yang tidak mengenakkan.

Namun bagaimanakah sebenarnya hukum untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan melakukan sikat gigi saat menjalankan ibadah puasa Ramadhan masih menjadi perbincangan.

Baca Juga: Bacaan Doa Buka Puasa Ramadhan Sesuai Sunnah Lengkap Arab, Latin dan Artinya Bahasa Indonesia

Pasalnya aroma yang dikeluarkan oleh mulut dan gigi pada saat menjalankan ibadah puasa Ramadhan juga penting untuk diperhatikan apalagi dalam melakukan aktivitas.

Namun disisi lain, seperti yang banyak diketahui bahwa aroma atau bau mulut yang dimiliki oleh orang menjalankan puasa Ramadhan memiliki kesamaan atau sederajat dengan bau harum kasturi di surga.

Terkait dengan hukum sikat gigi pada saat menjalankan ibadah puasa Ramadhan sendiri muncul berbagai penjelasan khususnya yang dikeluarkan oleh berbagai ulama terkait hal tersebut.

Baca Juga: Teks Ceramah Singkat: Jaga Hubungan Baik dengan Saudara untuk Kultum Buka Puasa, Tarawih, dan Setelah Shubuh

Lebih lanjut, mengenai pendapat yang muncul terkait hukum dari melakukan sikat gigi pada saat puasa Ramadhan diketahui banyak disebutkan bahwa hal ini diperbolehkan.

Mengutip dari laman Jatim.NU.or.id, penjelasan mengenai boleh melakukan sikat gigi pada saat menjalankan ibadah puasa Ramadhan sendiri merujuk pada beberapa penjelasan.

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x