Mengenal Reog Budaya Indonesia yang Ingin Diklaim Malaysia Didaftarkan ke UNESCO, Ini Tanggapan Menko PMK

- 10 April 2022, 10:35 WIB
Ilustrasi Reog. Mengenal Reog budaya Indonesia yang ingin diklaim Malaysia didaftarkan ke UNESCO, ini tanggapan Menko PMK.
Ilustrasi Reog. Mengenal Reog budaya Indonesia yang ingin diklaim Malaysia didaftarkan ke UNESCO, ini tanggapan Menko PMK. /Tangkap Layar YouTube.com/@sandy kitchen

BERITA DIY - Mengenal Reog budaya Indonesia yang ingin diklaim Malaysia didaftarkan ke UNESCO, ini tanggapan Menko PMK. Reog sedang ramai diperbincangkan oleh netizen lantaran isu bahwa budaya Indonesia ini mau diklaim oleh Malaysia dan didaftarkan ke UNESCO.

Sebelum itu kita perlu mengetahui terlebih dahulu Reog berasal dari mana dan bagaimana sejarahnya. Reog merupakan salah satu kesenian yang ada di Indonesia yang berasal dari provinsi Jawa Timur yaitu Ponorogo.

Dilansir BERITA DIY dari Buku Buku Ensiklopedi Online, kesenian yang berasal dari Ponorogo ini sering ditampilkan dalam beberapa acara, konon Reog Ponorogo masih begitu kental dengan hal-hal yang berbau mistis.

Baca Juga: Dampak Positif dari Potensi Keragaman Budaya di Indonesia: Contoh dalam Kehidupan Bangsa dan Negara

Sejarah singkat lahirnya kesenian Reog ini diawali dengan kekecewaan Ki Ageng Kutu pada raja Majapahit yang saat itu pemerintahannya banyak yang korup.

Dia kemudian meninggalkan raja Kertabhumi dan mendirikan perguruan seni bela diri yang muridnya adalah anak muda.

Ki Ageng Kutu berharap anak didiknya yang akan membangkitkan kembali kerajaan Majapahit yang saat itu juga dikuasai oleh permaisuri dari Kertabhumi.

Baca Juga: Cara Menggunakan Sumpit Sesuai Pedoman Budaya dan Etika Orang Asia Timur, Menjilat Sumpit Dianggap Tak Sopan

Namun dia sadar bahwa kelompok itu jumlahnya kecil, karena hal inilah dia menggunakan Reog untuk memberikan sindiran pada raja Majapahit dan sebagai metode untuk mendirikan perlawanan rakyat.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x