Dampak Positif dari Potensi Keragaman Budaya di Indonesia: Contoh dalam Kehidupan Bangsa dan Negara

- 24 Maret 2022, 19:15 WIB
Inilah dampak positif potensi keberagaman budaya Indonesia lengkap dengan contoh.
Inilah dampak positif potensi keberagaman budaya Indonesia lengkap dengan contoh. /Pixabay/ibnuamaru

BERITA DIY - Berikut merupakan dampak positif potensi keragaman budaya di Indonesia beserta dengan contoh dalam kehidupan bangsa dan negara.

Indonesia merupakan negara yang terdiri dari berbagai macam budaya yang hidup di dalam masyarakat dan masih dipertahankan hingga sampai saat ini.

Keberagaman atau keragaman berbagai macam budaya di Indonesia sendiri tersebar di berbagai daerah mulai dari Sabang hingga Merauke.

Baca Juga: Biodata dan Profil Justin Bieber yang Dikabarkan akan Menggelar Konser di Indonesia 2022: Umur, Pendidikan, IG

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Kominfo.go.id keberagaman budaya di Indonesia tersebut terlihat dari banyaknya bahasa atau dialek yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Pada sisi bahasa atau dialek diketahui dari data terbaru dari Kominfo.go.id terakhir menyatakan bahwa di Indonesia hingga kini memiliki jumlah bahasa atau dialek yaitu mencapai 742.

Sedangkan jumlah suku bangsa yang disebutkan dalam Kominfo.go.id  bahwa jumlah suku bangsa yang dimiliki di Indonesia terdiri dari 478 suku dan bangsa.

Baca Juga: CATAT! Ini Syarat Mudik Lebaran 2022 bagi Masyarakat yang Sudah Vaksin Lengkap dan Belum 

Dengan banyaknya suku bangsa yang dimiliki oleh bangsa Indonesia hal tersebut membuktikan bahwa memiliki keanekaragaman budaya yang hidup di dalam masyarakat.

Banyaknya atau keanekaragaman budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia ini sendiri dapat memunculkan peluang baik positif maupun negatif.

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x