Menparekraf akan Ajukan Dangdut sebagai Warisan Budaya Dunia Asal Indonesia ke UNESCO

- 18 Februari 2021, 15:06 WIB
Menparekraf akan Ajukan Dangdut sebagai Warisan Budaya Dunia Asal Indonesia ke UNESCO.
Menparekraf akan Ajukan Dangdut sebagai Warisan Budaya Dunia Asal Indonesia ke UNESCO. /Dok. Kemenparekraf

BERITA DIY - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berencana akan mengajukan musik dangdut sebagai salah satu warisan budaya asal Indonesia kepada Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa UNESCO.

Sandiaga Uno menyampaikan gagasan tersebut usai menggelar rapat pimpinan (rapim) di lingkungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia, Rabu, 17 Februari 2021.

Sandiaga Uno mengatakan bahwa musik dangdut diangkat kembali dengan mamasukkannya sebagai bagian dari warisan budaya Indonesia di UNESCO.

Baca Juga: Nino 'Kuyang' Selamatkan Hidup Andin, Al Tahu Reyna Bukan Anak Roy? Bocoran Ikatan Cinta Malam Ini

Sandi menyampaikan bahwa Kemenlu sangat bersemangat untuk mendapatkan kembali peluang musik dangdut sebagai warisan budaya Indonesia.

Direktorat Jenderal Kerjasama Multilateral Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Republik Indonesia juga memberikan respons positif atas usulan Sandiaga Uno tersebut.

Sandi juga mengaku bahwa ia telah menghubungi Rhoma Irama, sosok yang dikenal sebagai Raja Dangdut, untuk mendapatkan endorsement. Rhoma Irama pun mendukung rencana yang progress ini yang sebelumnya sempat tersendat.

Tak hanya mendapatkan dukungan sang Raja Dangdut Rhoma Irama, Kemenparekraf, kata Sandi, juga mengundang Prof Winthrop dari Pittsburgh University selaku profesor yang sejauh ini diketahui sebagai sosok yang sangat mendalami dangdut.

Baca Juga: 3 Manfaat Kopi Hitam yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Mengurangi Risiko Alzheimer

Halaman:

Editor: Adestu Arianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x