Hukum Mimpi Basah di Siang Hari Saat Puasa Ramadhan, Apakah Membatalkan Puasa? Berikut Penjelasannya

- 7 April 2022, 15:40 WIB
Simak hukum mimpi basah di siang hari saat puasa Ramadhan. Apakah membatalkan puasa? Bagaimana niat dan tata cara mandi wajib?
Simak hukum mimpi basah di siang hari saat puasa Ramadhan. Apakah membatalkan puasa? Bagaimana niat dan tata cara mandi wajib? /PIXABAY/mylene2140

BERITA DIY - Simak hukum mimpi basah di siang hari saat puasa Ramadhan. Apakah membatalkan puasa?

Seperti diketahui, selama bulan Ramadhan umat Islam diwajibkan untuk melaksanakan ibadah puasa, yakni menahan lapar dan haus sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

Selain makan dan minum, beberapa hal yang disebabkan oleh hawa nafsu juga dilarang, seperti marah, merokok, hingga bersenggama meskipun dengan pasangan sah.

Baca Juga: Buka Puasa Jam Berapa Hari Ini? Jadwal Adzan Maghrib Surabaya, Jogja, Jakarta, Medan, Padang, Pekanbaru, dll

Lalu, apabila bersenggama dengan pasangan sah dilarang saat berpuasa, bagaimana dengan seorang laki-laki yang alami mimpi basah?

Mimpi basah sendiri ialah kondisi yang memungkinkan seorang laki-laki mengeluarkan air mani saat tertidur, mungkin karena mimpi bersenggama atau hanya keluar saja.

Apakah kondisi demikian dapat membatalkan puasa? Benarkah hukumnya sama dengan bersenggama dengan pasangan?

Baca Juga: Buka Puasa Jam Berapa Hari Ini? Jadwal Magrib 7 April 2022 di Pekanbaru, Jakarta, Tangerang Selatan dan Jogja

Ternyata, mimpi basah tidaklah membatalkan puasa karena terjadi saat seseorang sedang tertidur. Pasalnya, tidur membuat seseorang kehilangan kesadaran.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x