Contoh Khutbah Jumat Ramadhan Singkat yang Menyentuh Hati Tentang Amalan dan Keistimewaan Puasa Ramadhan

- 7 April 2022, 13:10 WIB
Ilustrasi contoh khutbah Jumat Ramadhan 2022 dari NU Online yang menyentuh hati tentang amalan dan keistimewaan puasa Ramadhan.
Ilustrasi contoh khutbah Jumat Ramadhan 2022 dari NU Online yang menyentuh hati tentang amalan dan keistimewaan puasa Ramadhan. /FREEPIK/wirestock

BERTA DIY - Simak contoh khutbah Jumat Ramadhan secara singkat yang menyentuh hati tentang amalan dan keistimewaan bulan Ramadhan. Naskah khutbah singkat yang dilansir dan dikutip dari NU Online ini dapat digunakan pada Jumat, 8 April 2022.

Adapun naskah khutbah kali ini membahas tentang amalan dan keistimewaan Bulan Ramadhan. Amalan dalam Ramadhan ini bisa disimak dari penjelasan Syekh Muhammad ibn 'Umar Nawawi al-Bamtani .

Dalam kitab 'Nihâyah al-Zain fî Irsyâd al-Mubtadi’in', ia menulis ada amalan-amalan sunah yang harus kita pelihara saat berpuasa. Amalan-amalan tersebut diantaranya sangat diwajibkan untuk makan sahur, menyegerakan berbuka sebelum shalat maghrib.

Baca Juga: Bacaan Niat dan Doa Ijab Qobul Zakat untuk Diri Sendiri dan Keluarga Beserta Waktu Pembayaran Zakat

Kemudian membaca doa yang ma‘tsur sebelum atau setelah berbuka, mandi besar jika mandi detelah fajar, dan memperbanya sedekah di bulan Ramadhan.

Adapun khutbah Jumat Ramadhan yang dilansir dan dikutip dari NU Online tentang keistimewaan Bulan Ramadhan adalah sebagai berikut.

اْلحَمْدُ للهِ اْلحَمْدُ للهِ الّذي هَدَانَا سُبُلَ السّلاَمِ، وَأَفْهَمَنَا بِشَرِيْعَةِ النَّبِيّ الكَريمِ، أَشْهَدُ أَنْ لَا اِلَهَ إِلَّا الله وَحْدَهُ لا شَرِيك لَه، ذُو اْلجَلالِ وَالإكْرام، وَأَشْهَدُ أَنّ سَيِّدَنَا وَنَبِيَّنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَ رَسولُه، اللّهُمَّ صَلِّ و سَلِّمْ وَبارِكْ عَلَى سَيِّدِنا مُحَمّدٍ وَعَلَى الِه وَأصْحابِهِ وَالتَّابِعينَ بِإحْسانِ إلَى يَوْمِ الدِّين، أَمَّا بَعْدُ: فَيَايُّهَا الإِخْوَان، أوْصُيْكُمْ وَ نَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ وَطَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنْ، قَالَ اللهُ تَعَالىَ فِي اْلقُرْانِ اْلكَرِيمْ: أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الَّشيْطَانِ الرَّجِيْم، بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْمْ: يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا اتَّقُوا الله وَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا، يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ الله وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا وقال تعالى يَا اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا اتَّقُوْا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ. صَدَقَ اللهُ العَظِيمْ

Jamaah shalat Jumat hafidhakumullah,

Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa umat Islam mendapatkan lima keistimewaan dengan datangnya bulan Ramadhan sebagaimana beliau tegaskan berikut ini:

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x