Link Materi Puasa Ramadhan untuk Anak SD PPT: Arti Puasa Menurut Islam dan Syarat Wajib PDF di Sini

- 7 April 2022, 12:05 WIB
Ilustrasi mengajarkan anak tentang apa arti puasa dan syarat wajib di bulan Ramadhan.
Ilustrasi mengajarkan anak tentang apa arti puasa dan syarat wajib di bulan Ramadhan. /FREEPIK/freepik

 

BERITA DIY - Simak link PPT materi puasa Ramadhan untuk anak SD. Terdapat penjelasan mengenai arti puasa menurut Islam dan syarat wajibnya.

Di bulan Ramadhan ini terdapat salah satu keriuhan kecil yang terjadi pada orang tua yang memiliki anak kecil. Orang tua pasti diserbu dengan pertanyaan kenapa sih umat Islam wajib puasa di bulan Ramadhan?

Lantas bagaimana cara menjelasakannya dengan sederhana? Setiap anak memiliki respond yang berbeda menyambut bulan puasa, ada yang antusias jika diajak sahur dan puasa, ada juga yang tidak.

Baca Juga: Teks Ceramah Singkat untuk Kultum Ramadhan Tentang Arti dan Keutamaan Sholat Tarawih pada 10 Hari Pertama

Dalam Islam, anak-anak memang tidak diwajibkan berpuasa karena belum baligh atau pubertas. Kendati demikian, sebagai orang tua, sebaiknya membimbing dan melatih anak berpuasa sejak usia dini.

Hal tersebut bertujuan agar anak-anak paham tentang puasa, mulai dari definisinya hingga syarat wajib puasa. Membimbing anak-anak berpuasa terkandung dalam hadis berikut ini.

Dari Rubayyi' binti Mu'awwidz ra., beliau mengatakan,

"Suatu ketika, di pagi hari Asyura', Rasulullah mengutus seseorang mendatangi salah satu kampung penduduk Madinah untuk menyampaikan pesan: 'Siapa yang di pagi hari sudah makan, maka hendaknya dia puasa sampai maghrib. Dan siapa yang sudah berpuasa, hendaklah dia lanjutkan puasanya.' Rubayyi' mengatakan:

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x