Doa Zakat Fitrah Untuk Sendiri dan Keluarga Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Terjemahnya

- 7 April 2022, 10:45 WIB
ilustrasi Zakat Fitrah, doa zakat fitrah untuk diri sendiri dan keluarga lengkap dengan Bahasa Arab, ejaan latin dan terjemahannya.
ilustrasi Zakat Fitrah, doa zakat fitrah untuk diri sendiri dan keluarga lengkap dengan Bahasa Arab, ejaan latin dan terjemahannya. /PIXABAY/allybally4b

BERITA DIY - Simak doa zakat fitrah untuk diri sendiri dan keluarga lengkap dengan Bahasa Arab ejaan latin dan terjemahnya.

Bulan Ramadhan adalah bulan suci bagi umat Islam, pada bulan ini umat muslim diwajibkan untuk menunaikan ibadah puasa dan membayar zakat fitrah.


Zakat fitrah adalah zakat diri yang diwajibkan atas diri setiap individu laki-laki maupun perempuan muslim yang berkemampuan sesuai syarat-syarat yang ditetapkan.

Baca Juga: Bacaan Doa Menerima Zakat Fitrah di Ramadhan Lengkap Arab, Latin Terjemahan dan 8 Golongan Penerima Zakat

Kewajiban Zakat fitrah ditunaikan bagi setiap jiwa adalah dengan syarat beragama Islam, hidup pada saat bulan Ramadhan, dan memiliki kelebihan rezeki atau kebutuhan pokok untuk malam dan Hari Raya Idul Fitri.

dikutip dari Baznas.go.id Zakat fitrah (zakat al-fitr) adalah zakat yang diwajibkan atas setiap jiwa baik lelaki dan perempuan muslim yang dilakukan pada bulan Ramadhan pada Idul Fitri.

Sebagaimana hadits Ibnu Umar ra yang artinya berikut:

"Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah satu sha’ kurma atau satu sha’ gandum atas umat muslim; baik hamba sahaya maupun merdeka, laki-laki maupun perempuan, kecil maupun besar. Beliau saw memerintahkannya dilaksanakan sebelum orang-orang keluar untuk shalat.” (HR Bukhari Muslim).

Baca Juga: 6 Niat Zakat Fitrah dan Tata Cara Menunaikan Zakat Fitrah saat Ramadhan 2022 dalam Hukum Islam

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x