Apakah Sah Puasa Jika Keluar Flek Coklat atau Lendir Setelah Haid dan Apa Boleh Sholat di Ramadhan?

- 4 April 2022, 14:55 WIB
Hukum bagi perempuan yang tiba-tiba keluar flek coklat ketika sedang berpuasa.
Hukum bagi perempuan yang tiba-tiba keluar flek coklat ketika sedang berpuasa. /FREEPIK/freepik

BERITA DIY - Apakah puasa sah dan boleh sholat di Ramadhan jika keluar flek coklat atau lendir setelah haid? Simak penjelasannya berikut ini.

Dalam agama Islam, perempuan yang sedang haid tidak diperbolehkan menjalankan ibadah, seperti shalat dan puasa. Hal tersebut disebabkan haid yang termasuk dalam hadas besar.

Ketika perempuan mendapat haid pada saat bulan puasa, perempuan wajib menggantinya di bulan lain untuk bulan Ramadhan. Sebetulnya tidak disebutkan dengan jelas larangan puasa bagi perempuan haid dalam Al Quran, khususnya surat Al Baqarah ayat 184-185.

Baca Juga: Teks Kultum Ramadhan Cocok untuk Jelang Buka Puasa, Tarawih, dan Ceramah Subuh: Keistimewaan Ramadhan

Akan tetapi, persoalan larangan puasa bagi perempuan saat haid bisa dilihat dalam hadis yang disampaikan Aisyah RA, yakni.

مَا بَالُ الْحَائِضِ تَقْضِى الصَّوْمَ وَلاَ تَقْضِى الصَّلاَةَ فَقَالَتْ أَحَرُورِيَّةٌ أَنْتِ قُلْتُ لَسْتُ بِحَرُورِيَّةٍ وَلَكِنِّى أَسْأَلُ. قَالَتْ كَانَ يُصِيبُنَا ذَلِكَ فَنُؤْمَرُ بِقَضَاءِ الصَّوْمِ وَلاَ نُؤْمَرُ بِقَضَاءِ الصَّلاَةِ.

Artinya: "Kenapa gerangan wanita yang haid mengqadha' puasa dan tidak mengqadha' sholat?" Maka Aisyah menjawab, "Apakah kamu dari golongan Haruriyah?" Aku menjawab, "Aku bukan Haruriyah," akan tetapi aku hanya bertanya. Dia menjawab, "Kami dahulu juga mengalami haid, maka kami diperintahkan untuk mengqadha' puasa dan tidak diperintahkan untuk mengqadha' sholat." (HR Muslim).

Lantas mengapa perempuan harus mengqadha' puasa namun tidak mengqadha' sholat? Sederhananya, karena shalat merupakan bagian dari ibadah harian, sedangkan puasa adalah ibadah tahunan.

Baca Juga: Link Download Bacaan Bilal Sholat Tarawih Ramadhan dan Jawaban Jamaah PDF Serta Apa Manfaat Bilal

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x