Terapkan 7 Tips Ini bagi Ibu Menyusui biar Puasa Ramadhan Lancar dan Kebutuhan ASI Bayi Terpenuhi

- 3 April 2022, 21:12 WIB
Ilustrasi. Tips puasa bagi ibu menyusui di bulan Ramadhan.
Ilustrasi. Tips puasa bagi ibu menyusui di bulan Ramadhan. /Pexels/MART PRODUCTION

BERITA DIY - Simak 7 tips yang bisa diterapkan busui atau ibu menyusui yang tetap ingin menjalankan ibadah puasa Ramadhan tetap lancar. Di samping itu kebutuhan ASI bayi tetap terpenuhi.

Menjadi sebuah pengalaman tersendiri bagi seorang ibu sedang dalam masa menyusui yang memutuskan untuk tetap menjalankan ibadah puasa seperti orang umumnya.

Banyak hal-hal yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan matang sebelum benar-benar menjalankan puasa menahan makan dan minum lebih dari 12 jam.

Baca Juga: 5 Tips agar Tidak Tidur Setelah Sahur, Hindari Asam Lambung

Baca Juga: Tips Jualan Online di Instagram Agar Laris Manis di 2022

Seperti kondisi bayi yang masih membutuhkan asupan ASI setiap waktu, kemudian asupan kalori bagi ibu menyusui itu sendiri.

Dalam pandangan islam menurut madzhab syafi’i, apabila ada seorang ibu menyusui berpuasa dikhawatirkan akan berdampak negative pada dirinya dan anaknya, atau dirinya, atau anaknya, saja maka wajib membatalkan puasanyam dan nantinya berkewajiban mengganti atau meng-qada’ puasa di lain waktu.

Namun, jika dikhawatirkan membahayakan hanya sang anak saja, maka sang ibu menyusui tersebut tidak hanya berkewajiban meng-qadla' tetapi ada kewajiban lain yaitu membayar fidyah.

Nah, apabila sudah memutuskan tetap ingin menjalankan puasa di masa menyusui bayi, simak 7 tips berikut yang bisa diterapkan:

Baca Juga: 6 Orang Ini Tidak Perlu Puasa Selama Ramadhan dan Boleh Makan di Siang Hari? Siapa Saja?

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x