Apa itu Insomnia? Ini Penyebab, Jenis, Ciri-ciri, dan Cara untuk Mengatasi Insomnia pada Seseorang

- 2 April 2022, 15:30 WIB
 Ilustrasi - Penjelasan mengenai apa itu insomnia, dilengkapi dengan informasi tentang jenis, ciri-ciri, dan cara mengatasi gangguan insomnia.
Ilustrasi - Penjelasan mengenai apa itu insomnia, dilengkapi dengan informasi tentang jenis, ciri-ciri, dan cara mengatasi gangguan insomnia. /PIXABAY/CDD20

BERITA DIY - Berikut penjelasan mengenai apa itu insomnia, dilengkapi dengan informasi tentang jenis, ciri-ciri, dan cara mengatasi gangguan insomnia.

Gangguan pola tidur merupakan suatu perubahan yang bisa terjadi pada semua orang, di mana perubahan yang terjadi bisa berbeda dari satu orang dengan orang lainnya.

Contohnya adalah ada orang yang mengalami hipersomnia atau rasa kantuk yang berlebih pada siang hari, maupun ada yang mengalami insomnia atau suatu gangguan pola tidur yang menyebabkan penderitanya tidak bisa tidur maupun tetap tidur.

Baca Juga: Apa itu Hilal, Rukyat, dan Hisab dalam Penentuan Awal Ramadhan? Ini Penjelasan dan Dalilnya di Al Quran

Seseorang dengan insomnia akan merasa tidak bisa tidur walau sudah merasa lelah ataupun mengantuk di malam hari, bahkan ketika sudah bisa tertidur penderita insomnia akan bangun dengan kondisi tubuh yang masih lelah atau tidak bersemangat.

Ciri-ciri dari orang yang mengalami insomnia akan terlihat ketika sedang melakukan kegiatan, karena ciri-ciri yang terjadi seperti berikut ini:

1. Bangun dengan jangka waktu yang tidak lama setelah tertidur, dan tidak bisa kembali tidur lagi walau menginginkannya.

2. Menghabiskan waktu tetap terbangun karena khawatir tidak bisa tidur lagi.

3. Menyebabkan suatu rutinitas yang semakin merusak jadwal tidur.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x