Apa itu Burnout? Fenomena dan Istilah yang Sering Digunakan di Lingkungan Kerja ketika Mengalami Stres

- 31 Maret 2022, 09:20 WIB
Ilustrasi - Penjelasan apa itu Burnout, fenomena dan istilah yang sering digunakan di lingkungan kerja ketika seseorang mengalami stres yang tinggi karena pekerjaannya.
Ilustrasi - Penjelasan apa itu Burnout, fenomena dan istilah yang sering digunakan di lingkungan kerja ketika seseorang mengalami stres yang tinggi karena pekerjaannya. /PIXABAY/mohamed_hassan

BERITA DIY - Simak penjelasan tentang apa itu Burnout, dimana fenomena dan istilah ini sering digunakan di lingkungan kerja ketika seseorang mengalami stres yang tinggi karena pekerjaannya.

Burnout merupakan istilah yang digunakan di lingkungan pekerjaan untuk menjelaskan ketika seorang karyawan mengalami stres berat, sehingga stres tersebut menyebabkan karyawan tersebut sakit bahkan depresi karena tidak ditangani.

Ketika Burnout dirasakan seseorang maka orang tersebut akan merasa kelelahan secara fisik, mental, dan emosional, tidak hanya itu seseorang dengan burn out akan merasa tidak berguna serta ketakutan terhadap pekerjaannya.

Baca Juga: Ciri-ciri Orang yang Mengalami Stres dan 7 Cara Manajemen Stres yang Bisa Dilakukan Secara Praktis

Selain memberikan efek negatif pada diri seseorang, ketika seorang pekerja mengalami Burnout maka prestasi kerja dan produktivitas orang tersebut akan menurun dan menyebabkan kerugian kepada perusahaan tempat dia bekerja.

Dilansir dari Healthline.com, penyebab dari terjadinya Burnout secara umum sebagai berikut:

1. Kepopuleran pekerjaan pada bidang jasa.

2. Teknologi yang mudah digunakan dan bisa untuk mengakses bahan pekerjaan secara online.

Baca Juga: 6 Cara Mudah Dilakukan untuk Mencegah Stres dan Menjaga Kesehatan Mental, Ini Praktis!

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x