Apa Itu Qiyas? Berikut Pengertian, Jenis, dan Contoh: Diperoleh dengan Membandingkan antara Dua Peristiwa

- 30 Maret 2022, 16:40 WIB
Ilustrasi- Apa itu qiyas? Berikut pengertian, jenis, dan contohnya, diperoleh dengan membandingkan antara dua peristiwa.
Ilustrasi- Apa itu qiyas? Berikut pengertian, jenis, dan contohnya, diperoleh dengan membandingkan antara dua peristiwa. /PEXELS/Photo by RODNAE Productions

BERITA DIY - Apa itu qiyas? Berikut pengertian, jenis, dan contohnya. Salah satu sumber hukum yang diperoleh dengan membandingkan antara dua peristiwa dengan mengacu pada hukum yang telah ada.

Agama islam merupakan agama yang sempurna yang disebarkan Nabi Muhammad SAW. Seluruh tata cara beribadah, bermuamalah, dan hampir dalam segala hal, islam telah mengaturnya.

Allah SWT telah memberikan al qur'an dan al hadist sebagai sumber hukum, petunjuk dan pedoman untuk hidup dunia hingga akhirat. Setiap peristiwa yang terjadi pasti memiliki hukum.

Baca Juga: Bacaan Doa Ziarah Kubur beserta Adab dan Tata Cara Sesuai Syariat Islam

Namun beberapa kasus ditemukan bahwa peristiwa pada jaman sekarang belum ditemukan hukumnya dalam al quran atau al hadist. Peristiwa-peristiwa ini biasanya berupa hal-hal yang belum pernah terjadi pada jaman Nabi dan sahabat.

Oleh sebab itu maka muncullah istilah tafsir dan qiyas untuk menemukan hukum yang belum ditemukan dalam al qur'an dan al hadist. Pada artikel ini akan membahas mengenai pengertian, jenis, dan contoh dari qiyas.

Dikitup BERITA DIY dari laman Pondok Pesantren Al-Munawwar (almunawwar.or.id) pada 30 Maret 2022, menurut para ulama, qiyas merupakan ketetapan hukun suatu kejadian atau peristiwa yang tidak ada dasar nashnya.

Baca Juga: Simak 7 Anjuran Amalan Ini Bisa Dilakukan Pada Nifsu Syaban yang Jatuh Pada 18 Maret 2022

Ketetapan ini diperoleh dengan membandingkan dengan kejadian atau peristiwa lain yang telah ada hukumnya berdasarkan nash dengan adanya persamaan 'illat antara kedua peristiwa tersebut.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x