Simak 7 Anjuran Amalan Ini Bisa Dilakukan Pada Nifsu Syaban yang Jatuh Pada 18 Maret 2022

- 17 Maret 2022, 21:05 WIB
Ilustrasi: Berikut amalan yang dianjurkan untuk dilakukan pada Nisfu Syaban.
Ilustrasi: Berikut amalan yang dianjurkan untuk dilakukan pada Nisfu Syaban. /pixabay/SyauqiFillah/

BERITA DIY - Jatuh mulai malam ini pada 17 Maret 2022. Berikut tujuh amalan yang dianjurkan untuk dilakukan pada Nisfu Syaban.

Pada 2022, Nifsu Syaban tepat jatuh pada Jumat, 18 Maret 2022 hingga Sabtu, 19 Maret 2022. Meskipun begitu amalan-amalan bisa dilakukan sejak tanggal 17 malam.

Malam Nifsu Syaban menjadi pertanda bahwa umat muslim telah kembali bertemu dan memasuki Bulan Syaban di 1443 Hijriah.

Baca Juga: Tata Cara Sholat Tasbih Malam Nifsu Syaban Lengkap dengan Jumlah Rakaat dan Doa sesudah Sholat

Bulan Syaban menjadi bulan paling dekat dengan Ramadhan sekaligus menjadi pengingat bagi umat muslim yang belum menyelesaikan utang puasa yang dimilikinya pada Ramadhan sebelumnya.

Pada malam Nisfu Syaban, Rasulullah SAW menganjurkan umatnya, untuk memperbanyak ibadah atau amalan-amalan baik karena malam Nisfu Syaban dikenal dengan malam berdoa, malam pembebasan, malam pengampunan dosa, dan malam untuk beribadah.

 

"Nabi SAW bersabda, 'Apabila tiba malam Nisfu Syaban maka sholatlah pada malam harinya dan berpuasalah pada siang harinya, karena rahmat Allah SWT akan turun ke langit dunia pada saat tersebut sejak terbenam matahari dan Allah SWT berfirman, 'Adakah orang yang meminta ampun, maka akan Aku ampuni, adakah yang meminta rizki, maka akan kuberikan rizki untuknya, adakah orang yang terkena musibah maka akan Aku lindungi, adakah sedemikian, adakah sedemikian, hingga terbit fajar." (HR Imam Ibn Majah).

Baca Juga: Cara Membaca Surat Yasin Tiga Kali pada Malam Nifsu Syaban 2022, Lengkap dengan Bacaan Doa dan Terjemahannya

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah