Bacaan Surat Yasin 83 Ayat Lengkap Bahasa Arab, Latin, Indonesia: Baik Dibaca Saat Malam Nifsu Syaban

- 10 Maret 2022, 20:04 WIB
Ilustrasi bacaan doa Surat Yasin lengkap 83 ayat dalam tulisan Arab, Latin, dan arti bahasa Indonesia.
Ilustrasi bacaan doa Surat Yasin lengkap 83 ayat dalam tulisan Arab, Latin, dan arti bahasa Indonesia. /pixabay/@hmzasefaa

BERITA DIY - Simak bacaan Surat Yasin 83 ayat lengkap dalam tulisan Arab, Latin dan arti bahasa Indonesia, berikut keutamaan berdasarkan hadits beserta jadwal malam Nifsu Syaban.

Tanggal 4 Maret 2022 telah memasuki 1 Syaban 1443 Hijriyah. Ada peristiwa besar umat Islam dalam bulan kedelapan kalender Hijriyah itu, di antaranya malam Nifsu Syaban.

Sebagai bulan sebelum Ramadhan, menurut para ahli agama, Syaban disebut sebagai "bulan pemanasan" dalam menyambut bulan puasa. Ada banyak amalan yang bisa dilakukan, di antaranya membaca Surat Yasin.

Adapun keutamaan Surat Yasin sendiri telah diakui oleh Rasulullah SAW dalam sebuah hadits yang ia katakan sebagai berikut:

Baca Juga: Bacaan Tahlil dan Doa Arwah Setelah Surat Yasin 83 Ayat, Cocok Dibaca Saat Tahlilan atau Yasinan

"Sesungguhnya segala sesuatu memiliki inti dan inti Alquran adalah Yasin, barang siapa yang membaca Surat Yasin, maka Allah menuliskan baginya dikarenakan membacanya, pahala membacanya sebanyak sepuluh kali.” (HR. Tirmidzi).

Sementara itu peristiwa Nifsu Syaban terjadi pada tanggal 15 Syaban atau tanggal 18 Maret 2022. Selain bulan ini umat Islam dianjurkan untuk melakukan ibadah puasa sunnah sebanyak-banyaknya, membaca Al-Quran dan Surat Yasin juga dianjurkan.

Pada malam Nifsu Syaban dikatakan bahwa pintu-pintu langit dan rahmat dibuka, oleh karenanya Muslim sangat diminta untuk melakukan ibadah dan berlomba-lomba dalam berbuat kebaikan.

Berikut ini bacaan Surat Yasin 83 ayat lengkap tulisan Arab, Latin, dan terjemahan bahasa Indonesia.

Baca Juga: Tulisan dan Bacaan Doa Tahlil Untuk Malam Jumat: Bahasa Arab, Latin, Beserta Arti dalam Bahasa Indonesia

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x