Tata Cara Sholat Tasbih Malam Nifsu Syaban Lengkap dengan Jumlah Rakaat dan Doa sesudah Sholat

- 17 Maret 2022, 17:10 WIB
 Tata cara sholat Tasbih pada malam Nifsu Syaban lengkap dengan jumlah rakaat dan doa sesudah setelah sholat sesuai anjuran Rasulullah.
Tata cara sholat Tasbih pada malam Nifsu Syaban lengkap dengan jumlah rakaat dan doa sesudah setelah sholat sesuai anjuran Rasulullah. /PIXABAY /andsproject

BERITA DIY – Berikut tata cara shalat tasbih pada malam Nisfu Syaban lengkap dengan jumlah Rakaat, surat yang dibaca, dan doa sesudah sholat.

Dalam malam Nisfu Syaban, bagi seorang muslim dianjurkan untuk diisi dengan kegiatan penuh berkah, semisal membaca al-Quran, doa, dzikir, dan berbagai amalan-amalan lainnya.

Hari Nisfu Syaban bertepatan pada hari Jumat, 18 Maret 2022, maka malam Nisfu Syaban jatuh pada hari ini, 17 Maret 2022, dihitung setelah magrib sampai fajar datang.

Baca Juga: Amalan Nisfu Sya'ban Malam Ini: Membaca Surat Yasin Ayat 1-83 Sebanyak 3x, Arab, Latin, dan Bahasa Indonesia

Bagi keyakinan seorang muslim, malam Nisfu Syaban merupakan malam pengampunan dosa pada bulan Syaban. Selain amalan yang disunnahkan pada malam Nisfu Syaban adalah melakukan sholat tasbih dengan jumlah empat rakaat.

Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah:

"Apabila malam nisfu syaban (pertengahan bulan Syaban), maka shalatlah pada malam harinya dan berpuasalah pada siang harinya ..." (H.R. Ibnu Majah).

Meskipun hadis tentang shalat pada malam Nisfu Syaban dianggap lemah sebagian ulama, tetapi beberapa ulama mengajurkan untuk menghidupkan malam Nisfu Syaban.

Baca Juga: Bacaan Surat Yasin Lengkap 83 Ayat Arab, Latin, dan Artinya: Baca 3 Kali Malam Ini Diiringi Doa Nisfu Sya'ban

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x