Bacaan Doa Ziarah Kubur beserta Adab dan Tata Cara Sesuai Syariat Islam

- 26 Maret 2022, 10:15 WIB
Ilustrasi. Bacaan doa ziarah kubur beserta adab yang perlu diperhatikan seseorang pada saat di pemakaman dan tata cara dalam berziarah sesuai syariat agama islam.
Ilustrasi. Bacaan doa ziarah kubur beserta adab yang perlu diperhatikan seseorang pada saat di pemakaman dan tata cara dalam berziarah sesuai syariat agama islam. /Freepik/jcomp

BERITA DIY - Simak bacaan doa ziarah kubur beserta adab dan tata cara melakukannya sesuai dengan syariat agama islam.

Bacaan doa ziarah kubur bagi yang ingin berziarah ke makam seseorang yang dicintai seperti keluarga atau kerabat.

Selain doa ziarah kubur, tentu adab dan tata cara pelaksanaannya perlu diperhatikan sehingga tidak salah dalam melaksanakannya sesuai syariat islam.

Baca Juga: Doa Ziarah Kubur, Bacaan Tahlil dan Surah Yasin 83 Ayat, Lengkap Bahasa Arab dan Ejaan Bahasa Indonesia

Pada awalnya ziarah kubur memang salah satu perbuatan yang dilarang oleh Rasulullah. Namun, larangan diubah dan bahkan memiliki manfaat bagi yang melakukannya.

Manfaat dari ziarah kubur diantaranya adalah dapat melunakkan hati, mengingatkan akan kematian yang begitu dekat, dan mengingatkan hari akhir.

Diriwayatkan hadist Muslim dan Hakim, Rasulullah SAW bersabda, "Dahulu saya melarang kalian berziarah kubur, tapi (sekarang) berziarahlah kalian. Sesungguhnya ziarah kubur dapat melunakkan hati, menitikkan (air) mata, mengingatkan pada akhirat, dan janganlah kalian berkata buruk (pada saat ziarah)."

Baca Juga: Doa Ziarah Kubur, Bisa Dibaca Saat Nyekar Jelang Ramadhan Lengkap Arab, Latin, dan Terjemahan Bahasa Indonesia

Untuk itu bagi yang akan berziarah, tentu doa ziarah kubur dan adab-adab serta tata caranya perlu diperhatikan agar tidak salah kaprah.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x