Apa Itu Marginalisasi Gender? Berikut Pengertian dan Penjelasannya Lengkap dengan Contoh

- 29 Maret 2022, 20:02 WIB
Berikut pengertian dari Marginalisasi.
Berikut pengertian dari Marginalisasi. /Ilustrasi/Pixabay/geralt/

BERITA DIY - Ketahui arti kata Marginalisasi pada ulasan artikel berikut ini. Simak pengertian dan penjelasan selengkapnya.

Kata ini memiliki keterkaitan dengan gender. Di mana, masih banyak gender terutama wanita termarginalkan akibat sebuah perbedaan dan stigma.

Dilansir dari kemenpppa.go.id, Marginalisasi atau yang disebut juga sebagai marjinalisasi memiliki pengertian yakni suatu proses peminggiran akibat perbedaan jenis kelamin yang mengakibatkan kemiskinan.

Baca Juga: Apa Itu Server Down, Penyebab Utama Para Penggemar Justin Bieber Gagal Membeli Tiket Konser Jakarta 2022

Sejumlah cara masih sering digunakan untuk memarjinalkan seseorang atau kelompok seperti salah satunya menggunakan asumsi gender.

Contohnya, adanya anggapan jika perempuan berfungsi sebagai pencari nafkah tambahan, maka ketika mereka bekerja diluar rumah (sector public), seringkali dinilai dengan anggapan tersebut. 

Sehingga apabila hal tersebut terjadi, maka sebenarnya telah berlangsung proses pemiskinan dengan alasan gender.

Contoh yang lainya adalah pekerja perempuan yang tak jarang mengalami PHK dari tempat kerja akibat alasan-alasan gender seperti tenaga yang tak sekuat pria, menstruasi, hamil, melahirkan dan menyusui.

Atau perubahan yang terjadi dari sebuah sistem pertanian yang semula tradisional kemudian beralih ke sistem pertanian modern dengan menggunakan mesin-mesin seperti traktor dan lainnya telah memarjinalkan pekerja perempuan.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x