Apa Itu Teknologi Modifikasi Cuaca? Operasi Transfigurasi Cuaca yang Kemarin Dipakai saat MotoGP Mandalika

- 23 Maret 2022, 20:40 WIB
Penjelasan apa itu Teknologi  Modifikasi Cuaca atau TMC yang kemarin digunakan selama perhelatan MotoGP Mandalika, Nusa Tenggara Barat, Minggu, 20 Maret 2022.
Penjelasan apa itu Teknologi Modifikasi Cuaca atau TMC yang kemarin digunakan selama perhelatan MotoGP Mandalika, Nusa Tenggara Barat, Minggu, 20 Maret 2022. /BMKG.go.id

BERITA DIY - Berikut pembahasan apa itu Teknologi Modifikasi Cuaca atau TMC salah satu teknologi yang digunakan untuk merekayasa cuaca saat berlangsungnya MotoGP Mandalika, Nusa Tenggara Barat, Minggu, 20 Maret 2022.

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menggelar operasi TMC di Mandalika. Hal ini dilakukan guna mendukung jalannya MotoGP Mandalika agar sesuai rencana.

BRIN menjelaskan, langkah penggunaan TMC ini diambil lantaran Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberi peringatan dini di wilayah NTB berpotensi hujan lebat disertai petir dan angin puting beliung.

Baca Juga: Apa Itu Berpikir Diakronik dan Sinkronik? Ini Pengertian dan Contoh Peristiwanya

Baca Juga: Apa Itu Fisura Ani? Ini Gejala, Cara Mencegah, dan Mengobati Fisura Ani Agar Tidak Mudah Kambuh

“BRIN siap berpartisipasi turut menyukseskan penyelenggaraan series MotoGP 2022 melalui dukungan operasi TMC,” terang Plt Direktur Penguatan dan Kemitraan, Infrastruktur Riset dan Inovasi, Salim Mustofa dilansir dari lama resmi BRIN, Kamis, 17 Maret 2022.

Adapun berlangsungnya proses operasi TMC oleh BRIN komando operasi dipegang oleh M. Djazim Syaifullah, staff pelaksana dari Laboratorium Pengelolaan TMC.

Sedangkan TMC yang diterapkan saat MotoGP Mandalika kemarin menggunakan metode pesawat yang didukung oleh satu unit armada pesawat Casa 212-200 dari Skadron 4 TNI AU Lanud Abdulrahman Saleh, Malang.

Baca Juga: Apa Itu Diplopia? Penyakit yang Diderita Marc Marquez Usai Jatuh di Sikuit Mandalika: Apa Bisa Disembuhkan?

Apa itu Teknologi Modifikasi Cuaca?

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah

Sumber: BPPT


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x