Cara Meningkatkan Kecerdasan Emosional agar Jadi Peibadi yang Lebih Baik

- 5 Maret 2022, 07:30 WIB
ilustrasi - Orang yang memiliki kecerdasan emosional yang rendah akan merasa kesulitan dalam mengendalikan emosi dengan tepat dan memahami perasaan orang lain.
ilustrasi - Orang yang memiliki kecerdasan emosional yang rendah akan merasa kesulitan dalam mengendalikan emosi dengan tepat dan memahami perasaan orang lain. /Pixabay/RyanMcGuire

BERITA DIY- Berikut ini merupakan cara agar dapat meningkatkan kecerdasan emosional. Selain Intelligence Quotient (IQ), tingkat Emotional Quotient (EQ) juga sangat penting untuk diperhatikan.

EQ merupakan kecerdasan emosional yang mempengaruhi sikap dan perilaku seseorang dalam bertindak. Untuk mengetahui seseorang memiliki kecerdasan emosional yang tinggi atau rendah tidak harus melakukan tes, karena kecerdasan emosional bisa dilihat langsung dalam kehidupan sehari-hari.

Meningkatkan kecerdasan emosional bisa membantu seseorang untuk menggapai kesuksesan dalam pekerjaan, rumah tangga, ataupun lingkungan.

Tidak sedikit dari orang-orang yang hanya fokus di satu kecerdasan saja, padahal menyeimbangkan berbagai aspek kecerdasan akan membuat seseorang menjadi pribadi yang lebih baik.

Baca Juga: Sinopsis dan Link Streaming Film Transcendence Malam Ini 10 Februari 2022: Kisah Kecerdasan Manusia vs AI

Orang yang memiliki kecerdasan emosional yang rendah akan merasa kesulitan dalam mengendalikan emosi dengan tepat dan memahami perasaan orang lain. Hal tersebut yang dapat menimbulkan masalah dalam hubungan.

Jika Anda merasa kecerdasan emosional Anda saat ini masih rendah, tidak perlu khawatir karena ada cara untuk meningkatkannya, sebagaimana dikutip dari Healthline. Berikut ini adalah cara memulainya.

1. Tentukan dimana kamu ingin berkembang

Kecerdasan emosional memiliki lima komponen utama:
- Kesadaran diri
- Regulasi emosi
- Empati
- Motivasi
- Keterampilan sosial dan hubungan

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x