Ciri-ciri Terkena Hipotermia, Berikut Penyebab Tubuh Kehilangan Panas dan Cara Pencegahan yang Tepat

- 1 Maret 2022, 18:02 WIB
Simak ciri-ciri Hipotermia dengan mengetahui penyebab tubuh kehilangan panas, gejala, dan cara pencegahan yang tepat agar suhu tubuh tetap hangat di cuaca dingin.
Simak ciri-ciri Hipotermia dengan mengetahui penyebab tubuh kehilangan panas, gejala, dan cara pencegahan yang tepat agar suhu tubuh tetap hangat di cuaca dingin. /Freepik/wayhomestudio

BERITA DIY - Berikut ciri-ciri Hipotermia lengkap dengan penyebab terjadinya dan cara penanganan yang tepat agar dapat menyelamatkan seseorang.

Hipotermia adalah keadaan darurat medis yang terjadi ketika tubuh kehilangan panas lebih cepat daripada dapat menghasilkan panas.

Keadaan Hipotermia menyebabkan suhu tubuh menjadi sangat rendah, terjadi penurunan suhu tubuh hingga berada di bawah 35 C.

Baca Juga: Apa Itu Hipotermia yang Diduga sebabkan 3 Pendaki Gunung Bakawaraeng Meninggal Dunia? Begini Cara Mencegahnya

Ketika suhu tubuh turun, jantung, sistem saraf dan organ lainnya tidak dapat bekerja secara normal. Hal itu yang menyebabkan berbahayanya Hipotermia.

Jika tidak diobati, Hipotermia dapat menyebabkan kegagalan total jantung dan sistem pernapasan dan berakhir dengan kematian.

Hipotermia sering disebabkan oleh paparan cuaca dingin atau saat berlama-lama berendam dalam air dingin.

Baca Juga: Apa Itu Sindrom Turner, Penyebab, Gejala, Ciri-Ciri dan Antisipasi

Penangan tercepat untuk Hipotermia yaitu dengan metode untuk menghangatkan tubuh agar kembali ke suhu normal.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin

Sumber: CDC


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x