Sejarah Ukraina Merdeka dari Uni Soviet, Jadi Negara Modern Tahun 1991 Berkat Referendum Oleh Rakyat?

- 26 Februari 2022, 21:06 WIB
Ilustrasi. Sejarah Ukraina merdeka sebagai negara modern dari Uni Soviet tahun 1991 berkat referendum oleh rakyat.
Ilustrasi. Sejarah Ukraina merdeka sebagai negara modern dari Uni Soviet tahun 1991 berkat referendum oleh rakyat. /Pixabay/kevberon

BERITA DIY - Sejarah Ukraina merdeka dari Uni Soviet akan tersaji dalam artikel ini yang membahas mengenai bagaimana Ukraina memerdekakan diri dari bagian Uni Soviet pada tahun 1991.

Sebagaimana diketahui, konflik antara Rusia yang dahulu adalah Uni Soviet dan Ukraina kembali memanas sejak 24 Februari 2022. Kedua negara ini memiliki sejarah panjang sejak dahulu masih berdiri bersama dalam Uni Soviet.

Ukraina merdeka pada 1 Desember 1991 sebagai negara baru yang modern dan berdiri sendiri usai melepaskan diri dari Uni Soviet sesuai hasil referendum oleh rakyat Ukraina.

Baca Juga: Malaysia Hancur Lebur, Timor Leste Cetak Sejarah: Simak Klasemen Piala AFF U23 2022 dan Jadwal Semi Final

Sejarah kemerdekaan Ukraina dari Uni Soviet bermula dari terseretnya negara ini dalam Perang Dunia II yang terjadi tahun 1939-1945 yang dilanjutkan dengan berlangsungnya Perang Dingin.

Perang Dunia II melibatkan dua kubu besar yakni Blok Barat yang dimotori oleh Amerika Serikat melawan Blok Timur yang dipimpin oleh Uni Soviet atau saat ini Rusia.

Masing-masing kebu mengalami kerugian yang besar akibat perang yang terjadi selama 6 tahun termasuk Negara Ukraina yang saat itu menjadi kubu Timur bergabung dalam lingkar Uni Soviet.

Baca Juga: Sejarah Peringatan Pangkalan Brandan Lautan Api, 13 Agustus 2021: Perlawanan Masyarakat Melayu dari Belanda

Pada 24 Agustus 1991, Dewan Agung Ukraina menyatakan bahwa hukum dari Uni Soviet tidak berlaku lagi di Ukraina. Hal ini secara langsung menyiratkan bahwa Ukraina tidak mengakui kedaulatan hukum Uni Soviet.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x