Sejarah Peringatan Pangkalan Brandan Lautan Api, 13 Agustus 2021: Perlawanan Masyarakat Melayu dari Belanda

- 13 Agustus 2021, 09:35 WIB
Ilustrasi kebakaran, peristiwa pembumihangusan Pangkalan Brandan milik Kesultanan Langkat yang ingin dikuasai Belanda.
Ilustrasi kebakaran, peristiwa pembumihangusan Pangkalan Brandan milik Kesultanan Langkat yang ingin dikuasai Belanda. /Pixabay/pixundfertig

BERITA DIY - Peristiwa sejarah hari ini Jumat, 13 Agustus 2021 dikenal dengan Hari Peringatan Pangkalan Brandan Lautan Api. Peristiwa Pangkalan Brandan Lautan Api merupakan salah satu bentuk perlawanan masyarakat Melayu terhadap tentara Belanda.

Pangkalan Brandan Lautan Api adalah tragedi pembumihangusan Pangkalan Brandan yang merupakan pangkalan minyak bumi vital milik kesultanan Langkat. Kasultanan Langkat adalah Kesultanan Melayu paling kaya di Sumatera Timur pada masa Sultan Abdul Aziz.

Sejarah Hari Peringatan Pangkalan Brandan Lautan Api ditengarai oleh perlawanan masyarakat Melayu terhadap tentara Belanda yang berambisi untuk menguasai Pangkalan Brandan. Perjuangan masyarakat Melayu berhasil membuat Belanda gagal.

Baca Juga: Sejarah Hari Veteran Nasional Diperingati 10 Agustus 2021, Mengenang Gencatan Senjata Mempertahankan RI

Minyak bumi merupakan sumber daya alam yang penting bagi Kesultanan Langkat. Pertambangan minyak bumi ini menjadi sumber kesejahteraan bagi masyarakat dan membuat Belanda ingin menguasai Pangkalan Brandan sebagai aset vital Kesultanan Langkat.

Pada tanggal 22 Juli 1947, Belanda mendaratkan pasukan militer dengan persenjataan lengkap di daerah Stabat. Tidak berlangsung lama, dengan kekuatan yang besar daerah Statbat berhasil diduduki oleh Belanda.

Wilayah Stabat menjadi markas Belanda dan tempat Belanda membangun benteng pertahanan. Sebelum menargetkan Pangkalan Brandan, Belanda meluaskan wilayahnya  ke daerah Langkat Hulu dan Langkat Hilir.

Penakhlukan wilayah ini ditujukan untuk membangun kekuatan sebelum melakukan serangan besar-besaran untuk menakhlukkan Pangkalan Brandan  yang merupakan pusat minyak di Langkat.

Baca Juga: Sejarah Hari Dharma Wanita Nasional 2021, Eksistensi Peran dan Kedudukan Perempuan dalam Pembangunan

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x