Sejarah Hari Pendidikan Nasional: Perjuangan Ki Hajar Dewantara hingga Diasingkan, Diperingati Jadi Hardiknas

- 2 Mei 2021, 06:12 WIB
Ki Hajar Dewantara
Ki Hajar Dewantara /Foto dokumen LP3M Yogyakarta

BERITA DIY - Hari Pendidikan Nasional pada tahun ini mengangkat tema Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar. Hardiknas 2021 sendiri jatuh pada hari Minggu, 2 Mei 2021.

Di tengah pandemi COVID-19, Kemendikbud tetap menggelar upacara bendera, namun tetap diiringi protokol kesehatan yang ketat. Upacara sendiri dapat disaksikan melalui link https://youtu.be/lTD8mbmjJg4.

Lantas, kenapa ada Hardiknas? Bagaimana sejarahnya?

Baca Juga: Hari Pendidikan Nasional 2021: Link Download Logo Hardiknas, Twibbon, Tema dan Acara Lengkap

Berdasarkan informasi yang dihimpun Berita DIY dari berbagai sumber, Hardiknas digelar untuk menghormati Ki Hajar Dewantara yang dianggap sebagai Bapak Pendidikan.

Jasa Ki Hajar Dewantara terhadap dunia pendidikan di Indonesia begitu besar. Pada masa lampau, Ki Hajar Dewantara merupakan sosok pemberani yang menentang kebijakan pendidikan pemerintah kolonial Belanda.

Baca Juga: Ciri-Ciri WhatsApp atau WA Sudah Diblokir Orang Lain, Cek 6 Hal Ini agar Tahu

Ketika itu, masyarakat yang boleh mengenyam pendidikan hanya anak-anak kelahiran Belanda atau kaum bangsawan. Kritik Ki Hajar Dewantara pada pemerintah Belanda membuatnya diasingkan ke Belanda.

Akan tetapi setelah kembali ke Indonesia, Ki Hajar Dewantara justru mendirikan sebuah lembaga pendidikan bernama Taman Siswa. Sejak saat itu, masyarakat Indonesia dapat menikmati pendidikan tanpa memandang kasta. Jasa Ki Hajar Dewantara bagi pendidikan Indonesia pun membuatnya dijuluki sebagai Bapak Pendidikan.

Halaman:

Editor: Resti Fitriyani


Tags

Artikel Terkait


Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X