Sejarah dan Tradisi Hari Natal, Peringatan Kelahiran Tuhan Yesus Kristus bagi Umat Kristiani, 25 Desember 2021

- 24 Desember 2021, 13:10 WIB
Ilustrasi Misa Kristus yang dilakukan pada hari Natal tanggal 25 Desember 2021 di Gereja.
Ilustrasi Misa Kristus yang dilakukan pada hari Natal tanggal 25 Desember 2021 di Gereja. /PIXABAY/12019

BERITA DIY – Hari Natal diperingati oleh umat kristiani pada tanggal 25 Desember 2021 dengan beragam perayaan. Pada hari Natal, umat kristiani juga akan melakukan ibadah yang dikenal dengan Misa Kristus.

Sama halnya dengan umat Muslim yang memperingati hari Maulid Nabi, umat Kristiani juga merayakan peringatan hari Natal untuk memperingati hari kelahiran Tuhan Yesus Kristus pada tanggal 25 Desember 2021.

Bagi kamu yang belum tahu tentang sejarah hari Natal tanggal 25 Desember 2021, artikel ini akan membahas menganai sejarah hari Natal yang dirayakan umat Kristiani pada tanggal 25 Desember 2021.

Baca Juga: 20 Link Twibbon Hari Natal 25 Desember 2021, Cocok untuk Status dan Profil WA, Instagram dan Facebook

Gereja Katolik dan seluruh umat kristiani merayakan Hari Raya Natal atau Hari Raya Kelahiran Tuhan Yesus Kristus ini setiap tanggal 25 Desember dengan beragam tradisi yang berkembang di seluruh dunia.

Kata Natal berasal dari bahasa Latin Dies Natalis yang berarti Hari Lahir. Sementara dalam bahasa Inggris disebut Christmas yang berasal dari bahasa Inggris Kuno Cristes Maesse atau Cristes Messe yang berarti Misa Kristus.

Sejarah penetapan hari Natal pada tanggal 25 Desember sebenarnya terus menjadi polemik. Meskipun demikian beberapa sumber dan bukti menyataka bahwa tanggal 25 Desember memang merupakan Hari Kelahiran Tuhan Yesus Kristus atau hari Natal.

Pesta Natal pertama kali disebut dengan Depositio Martyrum yang baru ditulis sekitar tahun 336, sehingga Natal baru dimulai sekita pertengah abad ke-4. Beberapa ahli pun memperkirakan kelahiran Yesus Kristis sendiri sekitar 8-6 sebelum masehi.

Baca Juga: Rekomendasi 10 Film Natal di Netflix , Komedi hingga Romance: Lengkap dengan Link Nonton serta Sinopsisnya

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x