Sejarah, Tema, dan Link Download Logo Peringatan Hari Pahlawan Nasional, 10 November 2021

- 9 November 2021, 21:00 WIB
Logo Hari Pahlawan Nasional yang diperingati setiap tanggal 10 November 2021.
Logo Hari Pahlawan Nasional yang diperingati setiap tanggal 10 November 2021. /Tangkap layar: https://kemensos.go.id/logo-hari-pahlawan-tahun-2021

BERITA DIY - Hari Pahlawan yang diperingati pada tanggal 10 November 2021 merupakan agenda hari bersejarah nasional untuk mengenang jasa para pahlawan dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indoensia.

Pada tanggal yang sama, 10 November terselip kisah puncak perlawanan rakyat terhadap penjajahan oleh sekutu di Surabaya. Mengenang peristiwa perlawanan ini yang diisi dengan pidato Bung Tomo atau Sutomo menjadi tanggal 10 November sebagai Hari Pahlawan.

Hari Pahlawan 10 November memiliki sejarah panjang hingga peringatan ini digaungkan setiap tahun sebagai hari besar yang diisi dengan perenungan hingga upacara Hari Pahlawan di sekolah dan instansi.

Baca Juga: Sejarah Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2021, Lengkap Bunyi Teks Ikrar Hasil Kongres Pemuda

Simak sejarah, tema, dan link download logo peringatan Hari Pahlawan Nasional yang diperingati setiap tanggal 10 November 2021 dalam artikel ini. Link download logo Hari Pahlawan dari Kementerian Sosial dapat diakses pada akhir artikel.

Sejarah Hari Pahlawan

Perlawanan rakyat terhadap sekutu yakni pasukan Inggris dan Belanda secara terang-terangan telah berlangsung sejak tanggal 25 Oktober 1945 sejak mereka kembali menginjakkan kakinya di Surabaya setelah berhasil memenangkan Perang Asia Timur Raya.

Dikutip dari buku Sejarah Nasional VI oleh Marwati Djoened Poesponegoro dan Nugroho Notosusanto (1984), tujuan kedatangan pasukan sekutu adalah untuk melakukan bantuan rehabilitasi tawanan perang dan adanya interniran dalam melucuti senjata tentara Jepang.

Baca Juga: Hari Kesehatan Jiwa Sedunia Diperingati 10 Oktober 2021: Sejarah, Tema, dan Tujuan Peringatan HKJS 2021

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x