Hari Kesehatan Jiwa Sedunia Diperingati 10 Oktober 2021: Sejarah, Tema, dan Tujuan Peringatan HKJS 2021

- 10 Oktober 2021, 09:05 WIB
ILUSTRAS - Orang depresi, sejarah, tema, dan tujuan peringatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia tanggal 10 Oktober 2021.
ILUSTRAS - Orang depresi, sejarah, tema, dan tujuan peringatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia tanggal 10 Oktober 2021. /PIXABAY/artbykleiton/Pixabay/artbykleiton

 

BERITA DIY - Hari Kesehatan Jiwa Sedunia atau ada pula yang menyebutnya sebagai Hari Kesehatan Mental Sedunia diperingati setiap tanggal 10 Oktober 2021. Sebagai mementum peringatannya, Kementerian Kesehatan (Kemkes) menerbitkan Panduan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia Tahun 2021.

Dalam Panduan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia Tahun 2021 menyebutkan tujuan adanya peringatan ini ialah untuk meningkatkan kesadaran tentang isu-isu kesehatan jiwa di seluruh dunia dan memobilisasi upaya dalam mendukung kesehatan jiwa.

Tema peringatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia Tahun 2021 (HKJS) saat ini adalah 'Mental Health in An Unequal World' (Kesetaraan Dalam Kesehatan Jiwa Untuk Semua).

Baca Juga: Sejarah dan Tema Peringatan Hari Pos Sedunia, 9 Oktober 2021 dan Pentingnya Pos dalam Sektor Sosial Ekonomi

"Peringatan Hari Kesehatan Jiwa merupakan hari yang menjadi momentum kampanye masif bagi semua pemangku kepentingan yang bekerja pada isu-isu kesehatan jiwa dan mendorong upaya-upaya untuk mencari solusi bagi upaya pencegahan dan pengendalian masalah kesehatan jiwa dan NAPZA di seluruh dunia," tulis Kemkes dalam Panduan HKJS Tahun 2021.

Sebagaimana diketahui, kesehatan jiwa merupakan bagian dari kesehatan yang sangat penting dalam masyarakat karena kasus ini cenderung meningkat ditambah dengan kondisi pandemi Covid-19.

Data Kemkes menunjukkan terjadi peningkatan kasus depresi dan ansietas selama pandemi dengan persentase lebih dari 60% mengalami gejala depresi dan sebesar 40% disertai ide mengakhiri hidup karena depresi berat.

Baca Juga: Sejarah dan Makna Peringatan Hari Hewan Sedunia, 4 Oktober 2021: Dorongan Perlindungan Hewan Secara Global

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x