Apa Itu Hari Istiqlal yang Diperingati pada 22 Februari 2022? Ini Sejarah Pembangunan Masjid Kebanggaan Rakyat

- 18 Februari 2022, 21:00 WIB
Potret masjid Istiqlal yang berlokasi di DKI Jakarta.
Potret masjid Istiqlal yang berlokasi di DKI Jakarta. /Tangkap layar: instgaram.com/@masjidistiqlal.official

BERITA DIY - Hari Istiqlal akan segera diperingati pada 22 Februari 2022 mendatang sebagai hari mengenang pembangunan Majsid Istiqlal yang berdiri megah di ibukota DKI Jakarta.

Lokasi Masjid Istiqlal berada di Jl. Taman Wijaya Kusuma, Ps. Baru, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Masjid Istiqlal bukan hanya masjid bagi umat muslim di DKI Jakarta saja, namun masjid satu ini merupakan kebangaan yang dimiliki oleh seluruh warga negara Indonesia karena dibangun atas arahan langsung Presiden Ir. Soekarno.

Baca Juga: Sejarah, Tujuan & Apa yang Dimaksud Perayaan Cap Go Meh Bagi Penganut Agama Konghucu, Disebut Apa di Tiongkok?

Masjid Istiqlal baru rampung pasca 17 tahun proses pembangunan ditandai dengan peletakan batu pertama pada 24 Agustus 1961 dan diresmikan pada tanggal 22 Februari 1987. Masjid ini juga menjadi salah satu yang tertua di Indonesia.

Hari Istiqlal menandai berdirinya Masjid Istiqlal yang memiliki arti merdeka. Tidak hanya itu, keberadaan masjid satu ini juga merupakan simbol pemersatu perbedaan yang ada karena lokasinya yang berdekatan dengan Gereja Katedral Jakarta.

Arsitektur Masjid Istiqlal adalah Frederich Silaban yang menjunjung nilai toleransi dan keindahan dalam masjid.

Baca Juga: Sejarah, Profil, dan Kiprah Klub Tokyo Verdy, Klub Jepang 'Rumah Baru' Pratama Arhan

Bukan sembarang tempat ibadah, Masjid Istiqlal juga menyimpan memori sejarah dimana bangunan masjid berdiri di area bekas lokasi benteng Belanda, Prins Frederick yang dibangun pada 1837.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x