Tradisi Cap Go Meh di Beberapa Wilayah Indonesia, dari Singkawang hingga Palembang, dan Sejarah Awal Perayaan

- 14 Februari 2022, 15:20 WIB
Ilustrasi - Tradisi Cap Go Meh di Indonesia, awal mula atau sejarah diperingati perayaan dan kapan diperingatinya.
Ilustrasi - Tradisi Cap Go Meh di Indonesia, awal mula atau sejarah diperingati perayaan dan kapan diperingatinya. /PEXELS/khoa vo

BERITA DIY - Berikut informasi tradisi Cap Go Meh di Indonesia, awal mula atau sejarah diperingati perayaan dan kapan diperingatinya.

Banyak tradisi yang dilakukan, terutama masyarakat Tionghoa atau keturunan yang berada di Indonesia untuk merayakan Cap Go Meh.

Cap Go Meh sendiri merupakan akhir dari serangkaian tahun baru Imlek yang dilakukan perayaannya setiap tanggal 15 pada bulan pertama penanggalan Tionghoa.

Baca Juga: 5 Makanan khas Saat Cap Go Meh, Sajian Penutup Rangkaian Perayaan Imlek

Sebelum masuk pada tradisi apa saja yang dilakukan, tentu ada beberapa kegiatan atau perayaan yang biasa dilakukan saat Cap Go Meh.

Tradisi Cap Go Meh biasanya dilakukan dengan perayaan berdoa di Wihara, selanjutnya dilanjut dengan iring-iringan keong dengan simbal dan pertunjukan barongsai.

Cap Go Meh sendiri memiliki arti malam kelima belas, yang kemudian istilah ini digunakan oleh Tionghoa Indonesia dan Malaysia.

Baca Juga: Apa yang Dimaksud Perayaan Cap Go Meh? Ketahui 5 Fakta Puncak Tahun Baru Imlek Bagi Masyarakat Tionghoa

Semenara di Tiongkok sendiri, perayaan ini disebut dengan nama festival Lampion, istilah ini juga dikenal di Indonesia namun lebih terkenal dengan istilah Cap Go Meh.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x