Tanggal Berapa Perayaan Cap Go Meh 2022? Berikut Jadwal, Sejarah, dan Tradisi Perayaan

- 2 Februari 2022, 20:06 WIB
Ilustrasi: Perayaan Cap Go Meh diperingati 15 hari setelah Imlek dan jadi puncak perayaan Imlek.
Ilustrasi: Perayaan Cap Go Meh diperingati 15 hari setelah Imlek dan jadi puncak perayaan Imlek. /PEXELS/khoa vo

BERITA DIY – Ketahui tanggal berapa perayaan Cap Go Meh 2022 diperingati lengkap dengan makna, sejarah dan tradisi perayaan saat Cap Go Meh bagi masyarakat Tionghoa berikut ini.

Tahun baru Imlek tahun 2022 jatuh pada hari Selasa, 1 Februari 2022 kemarin. Dengan demikian Perayaan Cap Go Meh tahun 2022 akan jatuh pada hari Selasa tanggal 15 Februari 2022 mendatang.

Cap Go Meh merupakan bagian perayan Imlek yang diperingati 15 hari setelah tahun baru Imlek dan juga menjadi hari terakhir rangkaian masa perayaan Imlek.

Baca Juga: Apa Itu Angpao? Jadi Tradisi Saling Memberi Rezeki di Imlek, 1 Februari 2022, Ini Syarat dan Makna

Cap Go Meh sendiri berasal dari kata Cap Go yang berarti lima belas dan Meh yang berarti malam. Dengan demikian secara sederhana Cap Go Meh berarti malam kelima belas setelah tahun baru Imlek.

Cap Go Meh juga dikenal sebagai Festival Lentera atau Festival Lampion. Berikut makna, sejarah dan tradisi perayaan Cap Go Meh dirangkum BERITA DIY dari China Highlights, selengkapnya. 

Sejarah Cap Go Meh

Cap Go Meh mulanya diperingati pada masa Dinasti Han untuk menghormai Dewa Thai Yi. Awalnya perayaan festival lentera atau Cap Go Meh ini hanya dilakukan secara tertutup oleh Keluarga Kaisar.

Baca Juga: Imlek 2022: Cara Menentukan Shio dari Tahun Lahir, Ada Shio Babi, Shio Naga dan Shio Kelinci

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin

Sumber: China Highlights


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x