Profil Menag Gus Yaqut, Jadi Ketua GP Ansor Sebelum Menteri dan Keturunan Pendiri NU

- 24 Februari 2022, 19:30 WIB
Simak profil lengkap Menteri Agama, Gus Yaqut, yang sempat jadi ketua GP Ansor sebelum jadi Menag. Gus Yaqut juga keturunan pendiri NU.
Simak profil lengkap Menteri Agama, Gus Yaqut, yang sempat jadi ketua GP Ansor sebelum jadi Menag. Gus Yaqut juga keturunan pendiri NU. /Instagram.com/@gusyaqut

BERITA DIY - Simak profil lengkap Menteri Agama, Gus Yaqut, yang sempat jadi ketua GP Ansor sebelum jadi Menag. Gus Yaqut juga dikenal sebagai keturunan pendiri NU.

Belakangan ini, nama Menag Gus Yaqut jadi sorotan lantaran dinilai membandingkan suara adzan dengan suara gonggongan anjing.

Hal itu terlontar saat Gus Yaqut memberikan keterangan mengenai pengaturan sound masjid yang selama ini dinilai mengganggu umat agama lain.

Baca Juga: Jadwal Puasa NU hingga Muhammadiyah, Waktu Imsak - Imsakiyah hingga Buka Puasa Rajab: Ini Bacaan Niat Puasa

Pernyataan itu justru menuai kontroversi. Yaqut dianggap menghina adzan dan antipati terhadap panggilan shalat yang biasa dikumandangkan di masjid dengan pengeras suara.

Lalu, siapakah sebenarnya Gus Yaqut? Bagaimana perjalanan karir politiknya hingga ia diangkat menjadi Menteri Agama di sisa jabatan Jokowi?

Profil Menag Gus Yaqut

Nama asli dari Gus Yaqut ialah Yaqut Cholil Qoumas. Ia diangkat menjadi Menteri Agama RI menggantikan Fachrul Razi oleh Presiden Jokowi pada Rabu, 23 Desember 2021 silam.

Baca Juga: NU Tetapkan Bulan Rajab Mulai Tanggal 3 Februari 2022, Simak Jadwal Lengkap Puasa Rajab 1443 Hijriah

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x