Jadwal Puasa NU hingga Muhammadiyah, Waktu Imsak - Imsakiyah hingga Buka Puasa Rajab: Ini Bacaan Niat Puasa

- 3 Februari 2022, 19:33 WIB
Jadwal puasa NU hingga Muhammadiyah termasuk sahur, Imsak atau Imsakiyyah hingga buka puasa di bulan Rajab 2022, ini bacaan niat Puasa Rajab
Jadwal puasa NU hingga Muhammadiyah termasuk sahur, Imsak atau Imsakiyyah hingga buka puasa di bulan Rajab 2022, ini bacaan niat Puasa Rajab /PIXABAY/rudolf_langer

BERITA DIY - Simak jadwal puasa NU hingga Muhammadiyah termasuk sahur, Imsak atau Imsakiyyah hingga buka puasa di bulan Rajab 2022, ini bacaan niat Puasa Rajab.

Seperti diketahui mulai hari ini, Kamis, 3 Februari 2022 telah memasuki bulan Rajab, bulan yang disebut memiliki berbagai keistimewaan.

Salah satu ibadah yang dijalankan saat bulan Rajab, yakni dengan puasa. Di bulan ini, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak ibadah.

Baca Juga: Ini Alasan Bulan Rajab Istimewa, Ada Peristiwa Apa Saja? Simak Keutamaan, Bacaan Doa Niat Puasa Beserta Amalan

Meski demikian, hukum puasa di bulan Rajab adalah sunnah. Jika berhalangan untuk puasa, tak ada dosa yang akan dipikul oleh umat Islam.

Namun demikian jika dijalankan, umat Islam akan mendapat pahala. Keutamaan berpuasa di bulan Rajab begitu banyak.

Baca Juga: Bacaan Doa Niat Mau Puasa & Buka Puasa Rajab ke 1, 2, 3 hingga 10 Beserta Artinya: Ini Jadwal Sahur dan Imsak

Berikut beberapa keutamaan atau keistimewaan Puasa Rajab sebagaimana dikutip dari situs Kanwil Kemenag Kudus:

1. Melaksanakan puasa sebulan

Rasulullah SAW bersabda “ Barang siapa berpuasa pada bulan Rajab sehari maka laksana ia puasa selama sebulan, bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya pintu neraka jahanam. Bila puasa 8 hari maka dibukakan untuknya 8 pintu surga. Dan apabila puasa 10 hari maka Allah akan mengabulkan semua permintaannya.” HR.At-Thabrani.

2. Mencatat amalnya selama 60 bulan.

Rasulullah SAW bersabda , barang siapa puasa pada tanggal 27 Rajab , Allah mencatatnya sebagaimana orang yang puasa selama 60 bulan.” Abu Hurairah.

3. Apabila puasa selama 7 hari pada bulan Rajab maka akan menutup pintu neraka baginya.

4. Apabila puasa selama 8 hari pada bulan Rajab akan membuka 8 pintu surga untuknya.

5. Apabila puasa selama 10 hari pada bulan Rajab maka akan menghapus dosa dosanya dan diganti dengan kebaikan .

Halaman:

Editor: MR Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x