Bagaimana Mengetahui Peringatan Dini Bencana? Cara Cek Update BMKG dari Gempa, Tsunami, hingga Erupsi

- 16 Desember 2021, 16:35 WIB
Bagaimana agar tahu peringatan bencana sejak dini? Cara cek update BMKG tentang gempa, tsunami, erupsi, cuaca, iklim, akan bikin kamu paham mitigasi bencana.
Bagaimana agar tahu peringatan bencana sejak dini? Cara cek update BMKG tentang gempa, tsunami, erupsi, cuaca, iklim, akan bikin kamu paham mitigasi bencana. /Tangkap layar bmkg.go.id

BERITA DIY - Bagaimana agar tahu peringatan dini bencana? Cara cek update BMKG tentang gempa, tsunami, erupsi, cuaca, iklim, akan bikin kamu paham mitigasi bencana.

Belakangan ini banyak terjadi bencana alam di berbagai daerah. Seperti erupsi gunung Semeru di Lumajang yang sebabkan kerusakan dan korban jiwa.

Belum lagi, rentetan gempa berkekuatan 5,3 magnitudo yang terjadi di wilayah Jember, Bali, hingga Banyuwangi belakangan ini.

Baca Juga: Penyebab Gempa Hari Ini Jember Jawa Timur Bermagnitudo 5,0, Ini Data Potensi Tsunami BMKG dan Daerah Terdampak

Tak berhenti di sana, gempa berkekuatan 7,4 magnitudo juga terjadi di Nusa Tenggara Timur sehari setelah gempa di Jember, Jawa Timur.

Belakangan, saat proses evakuasi korban erupsi Semeru di Lumajang masih berlangsung, gunung Merapi juga dikabarkan alami erupsi.

Dari banyaknya bencana yang terjadi, korban jiwa hingga kerusakan material kerap berjatuhan seiring bencana alam tersebut berlalu.

Baca Juga: Info Terbaru! Gempa NTT 5,2 Hari Ini Selasa 14 Desember 2021, BMKG: Hati – hati Gempa Susulan

Salah satu yang menjadi perhatian atas fenomena tersebut ialah informasi peringatan dini bencana yang mesti terus di-update oleh masyarakat agar proses mitigasi bencana dapat berlangsung optimal.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x