Daftar Wilayah Indonesia Bisa Nonton Gerhana Bulan Sebagian Terlama 19 November 2021 Menurut LAPAN dan BMKG

- 16 November 2021, 20:30 WIB
LAPAN dan BMKG memprediksi jika durasi gerhana bulan sebagian ini adalah mencapai 3 jam 28 menit di sejumlah wilayah Indonesia.
LAPAN dan BMKG memprediksi jika durasi gerhana bulan sebagian ini adalah mencapai 3 jam 28 menit di sejumlah wilayah Indonesia. /Tangkap layar bmkg.go.id

BERITA DIY - LAPAN menginformasikan jika gerhana bulan sebagian akan terjadi pada 19 November 2021. Berikut daftar wilayah Indonesia yang bisa nonton dan waktu yang pas untuk dilihat.

Adapun durasi dari gerhana bulan yang akan hadir pada 19 November 2021 mendatang diklaim sebagai yang terlama dalam seabad terakhir.

LAPAN dan BMKG memprediksi jika durasi gerhana bulan sebagian ini adalah mencapai 3 jam 28 menit. Adapun permukaan Bulan akan tertutupi oleh umbra Bumi sebesar 97,85 persen.

Baca Juga: Potret Foto Gerhana Bulan Total Alias Super Blood Moon di Indonesia, Buat Kamu yang Tak Sempat Lihat

Dilansir dari akun Instagram LAPAN, pengertian gerhana bulan sebagian adalah kondisi di mana sebagian permukaan Bulan tertutupi bayangan atau umbra Bumi.

Semakin Bulan menuju ke tengah atau pusat bayangan pada saat puncak gerhana, maka durasi gerhana akan semakin lama.

Ada dua kondisi gerhana yang ada, yakni gerhana bulan sebagian dan penuh. Dalam infromasi yang sama, gerhana bulan penuh yang biasanya punya durasi panjang.

Baca Juga: 5 Fakta Dina Lorenza, Aktris Sinetron Gerhana yang Dijodohkan Netizen dengan Ariel Noah

Gerhana bulan total pernah terjadi di Indonesia pada 16 Juni 2011 silam dengan durasi total selama 100 menit. Dan prediksi LAPAN akan terjadi kembali pada 7 Juli 2047 dengan durasi parsial dan total sebesar 5 jam 19 menit dan durasi total 101 menit.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x