Info Gempa BMKG Hari Ini di Bali 4,8 M dan Bengkulu 4,7 M: Disebabkan Sesar Lokal, 3 Warga Meninggal

- 16 Oktober 2021, 11:20 WIB
Info Gempa BMKG Hari Ini di Bali 4,8 M dan Bengkulu 4,7 M: Disebabkan Sesar Lokal, 3 Warga Meninggal
Info Gempa BMKG Hari Ini di Bali 4,8 M dan Bengkulu 4,7 M: Disebabkan Sesar Lokal, 3 Warga Meninggal /FIKRI YUSUF/ANTARA FOTO

BERITA DIY - Berikut info gempa hari ini di Bali bermagnitudo 4,8 M dan Bengkulu 4,7 M dari BMKG. Mulai dari disebabkan sesar lokal, 3 warga dilaporkan meninggal dunia.

BMKG mencatat, gempa bermagnitudo 4,8 yang terjadi di Kabupaten Karangasem, Bali, pada pukul 03.18 WIB disebabkan aktivitas sesar atau patahan aktif lokal.

Episentrum gempa terletak di koordinat 8,32 Lintang Selatan, 115,45 Bujur Timur, 8 kilometer (km) barat laut Karangasem dengan kedalaman 10 km, dan menyebabkan sejumlah kerusakan bangunan di Kecamatan Rendang, Karangasem, Bali.

Baca Juga: Gempa Bumi Guncang Yogyakarta, Sumbernya dari Selatan Pacitan?

"Memperhatikan mekanisme sumber gempa Bali M4,8 yang merusak pagi ini, tampak bahwa gempa yang terjadi diakibatkan oleh aktivitas sesar atau patahan aktif lokal, bukan akibat sesar naik Flores (Flores Back Aec Thrusting,” ucap Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi BMKG, Daryono sebagaimana dikutip dari akun Twitter resminya @DaryonoBMKG, Sabtu, 16 Oktober 2021.

BPBD Bali pun melaporkan hingga saat ini ada tiga orang yang meninggal dunia akibat gempa tektonik bermagnitudo 4,8, yang berlokasi di darat pada jarak 8 kilometer barat laut Kabupaten Karangasem.

"Ada dua orang yang meninggal dunia di Kabupaten Bangli dan satu orang meninggal dunia dari Kabupaten Karangasem," kata Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Bali I Made Rentin, dikutip dari Antara.

Baca Juga: Gempa Magnitudo 5,4 Guncang Bantul DIY Hari Ini, Tak Berpotensi Tsunami

Selain itu, gempa dengan kedalaman 10 kilometer itu juga menyebabkan tujuh orang mengalami patah tulang di Kabupaten Karangasem.

Halaman:

Editor: MR Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x