Update Potensi Gempa dan Tsunami Jawa Timur, BKMG: Masyarakat Tidak Perlu Panik

- 4 Juni 2021, 11:00 WIB
Ilustrasi Tsunami di lautan.
Ilustrasi Tsunami di lautan. /Unsplash/Todd Turne

BERITA DIY - Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang berada di kawasan Ring of Fire atau cincin api. Dampaknya, Indonesia menajdi negara yang paling sering mengalami guncangan gempa bumi. Efek dari gempa bumi ini juga dapat menimbulkan tsunami.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat di wilayah pesisir Jawa, khususnya warga di wilayah Jawa Timur (Jatim) agar waspada terhadap potensi bencana tsunami meski baru sebatas prediksi.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyampaikan hal tersebut dalam sebuah acara webinar tentang “Kajian dan Mitigasi Gempabumi dan Tsunami di Jawa Timur” yang dirilis di akun YouTube infoBMKG.

Baca Juga: Heboh SMS dari BMKG Berisi Peringatan Tsunami dan Gempa 8,5 M, Ini Penjelasan Selengkapnya

Lebih lanjut, Dwikorita mengungkapkan adanya potensi gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 8,7.

"Nah sehingga kami menyusuri pantai mulai Jatim sampai Selat Sunda mencek yang kami khawatirkan dari catatan sejarah gempa-gempa yang kekuatannya di atas M7,0 diprediksi skenario terburuk kekuatannya M 8,7. Kekuatan M 8,7 ini bisa membangkit tsunami," ucap Dwikorita.

Bahkan tak tanggung-tanggung, BMKG menjelaskan, wilayah Jawa Timur diprediksi berpotensi mengalami bencana bencana tsunami dengan ketinggian gelombang hingga mencapai 29 meter.

Baca Juga: Waduh! Selama April 2021 Ternyata Terjadi 807 Kali Gempa Tektonik di Indonesia, Tercatat 10 Orang Meninggal

Dirinya juga mengingatkan, bahwa bencana gempa bumi berskala besar di zona subduksi selatan Jawa Timur dapat memicu terjadinya bencana tsunami. Dirinya juga menambahkan apa yang Ia sampaikan merupakan penguatan upaya mitigasi bencana di Jawa Timur.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x