Mengenal Tentang Pengertian Gempa Bumi dan Jenis-jenis yang Jarang Diketahui Orang

- 10 April 2021, 15:59 WIB
Ilustrasi Gempa bumi. pengertian dan jenis-jenis gempa bumi
Ilustrasi Gempa bumi. pengertian dan jenis-jenis gempa bumi /Pikiran-Rakyat.com

BERITA DIY – Berikut jenis-jenis gempa bumi dan mengenal tentang pengertian gempa bumi tersebut yang jarang diketahui oleh orang.

Gempa bumi merupakan getaran atau getar-getar yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi dari dalam secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang seismik.

Sedangkan menurut KBBI gempa adalah peristiwa alam berupa getaran atau gerakan bergelombang pada kulit bumi yang ditimbulkan oleh tenaga asal dalam.

Baca Juga: Semakin Seru! Aldebaran Ungkap Fakta Baru, Papa Surya Mulai Penyelidikan? Bocoran Ikatan Cinta Malam Ini

Gempa bumi kebanyakan disebabkan oleh pelepasan energi yang dihasilkan oleh tekanan yang disebabkan oleh lempengan bumi yang bergerak ke satu arah atau bisa juga lebih.

Moment magnitudo adalah skala yang paling umum di mana gempa Bumi terjadi untuk seluruh dunia. Skala Richter adalah skala yang dilaporkan oleh observatorium seismologi nasional yang diukur pada skala besarnya lokal 5 magnitude. Kedua skala yang sama selama rentang angka mereka valid.

Semakin lama tekanan itu kian membesar dan akhirnya mencapai pada keadaan di mana tekanan tersebut tidak dapat ditahan lagi oleh pinggiran lempengan. Pada saat itulah gempa Bumi akan terjadi.

Baca Juga: Biadab! Bukan Nino atau Elsa, Namun Sosok Ini yang akan Gagalkan Aladin Otw? Bocoran Ikatan Cinta Malam Ini

Gempa bumi sering terjadi di wilayah yang menjadi perbatasan lempengan-lempengan yang berada di bumi. Gempa Bumi yang paling parah biasanya terjadi di perbatasan lempengan kompresional dan translasional.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x