Penyebab Gempa Hari Ini Jember Jawa Timur Bermagnitudo 5,0, Ini Data Potensi Tsunami BMKG dan Daerah Terdampak

- 16 Desember 2021, 10:06 WIB
Penyebab gempa hari ini di Jember, Jawa Timur bermagnitudo 5,0. Berikut data potensi tsunami BMKG dan daftar daerah terdampak.
Penyebab gempa hari ini di Jember, Jawa Timur bermagnitudo 5,0. Berikut data potensi tsunami BMKG dan daftar daerah terdampak. /portalbojonegoro.PR/

BERITA DIY - Simak penyebab gempa hari ini di Jember, Jawa Timur bermagnitudo 5,0. Berikut data potensi tsunami BMKG dan daftar daerah terdampak.

Seperti diketahui, gempa bumi tektonik bermagnitudo 5,0 guncang wilayah selatan Jawa pada Kamis, 16 Desember 2021, pukul 06.01 WIB.

Gempa yang berpusat pada koordinat 8,55 derajat Lintang Selatan - 113,48 derajat Bujur Timur atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 43 km arah Barat Daya Kota Jember, Jawa Timur pada kedalaman 26 km diperkirakan dipicu oleh aktivitas sesar aktif di dasar laut.

Baca Juga: Peringatan Dini Tsunami Imbas Gempa NTT Dicabut BMKG, Daerah Ini Tetap Siaga Meski Status Potensi Turun

Magnitudo awal menunjukkan kekuatan gempa 5,1 kemudian diperbarui menjadi 5,0. Hasil pemodelan menunjukkan gempa tidak berpotensi tsunami.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa dalam lempeng (intraplate earthquake). Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa tersebut memiliki pergerakan sesar naik (thrust fault).

"Hingga saat ini sudah ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut di beberapa daerah di Kabupaten Jember," kata Koordinator Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami, Daryono, seperti dikutip Antara, Kamis, 16 Desember 2021.

Baca Juga: Lokasi Terdampak Gempa Hari Ini di Jember Jawa Timur dari BMKG Terkini, Apa Jogja dan Jawa Tengah Kena?

Daryono mengatakan, guncangan gempa dirasakan di daerah Puger pada skala V MMI dimana Getaran dirasakan hampir semua penduduk, orang banyak terbangun. Di Jember IV MMI yaitu bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah.

Halaman:

Editor: MR Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x