Apa Itu Cuaca Ekstrem? Simak Penyebab dan Tanda-tandanya, Beserta Cara Cek Cuaca dan Iklim Terkini di BMKG

- 23 September 2021, 20:00 WIB
ILUSTRASI - Dampak dari cuaca ekstrem dapat menimbulkan berbagai jenis bencana, seperti banjir, angin puting beliung, kekeringan, gelombang pasang, dll.
ILUSTRASI - Dampak dari cuaca ekstrem dapat menimbulkan berbagai jenis bencana, seperti banjir, angin puting beliung, kekeringan, gelombang pasang, dll. /PEXELS/greg-1251451

BERITA DIY - Berikut ini akan disampaikan apa itu cuaca ekstrem beserta penyebab dan tanda-tandanya. Masyarakat juga bisa cek kondisi cuaca terkini melalui layanan yang disediakan oleh BMKG.

Sebagai awalan, Indonesia merupakan negara yang rentan terhadap bencana alam, salah satunya adalah cuaca ekstrem. Hal ini dapat dipengaruhi oleh kondisi geografis Indonesia yang diapit oleh dua benua dan dua samudera.

Lebih lanjut, anomali kondisi meteorologi dan klimatologi dapat memicu cuaca ekstrem yang menimbulkan kerugian harta benda, merusak tatanan kehidupan, dan hilangnya korban jiwa. Jika kondisi demikian, maka dapat disebut dengan bencana alam.

Baca Juga: Cuaca Ekstrem, Daftar Wilayah DKI Jakarta yang Waspada Banjir dan Tanah Longsor hingga 20 September 2021

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), cuaca ekstrem adalah kejadian cuaca atau kondisi iklim yang tidak biasa dan dapat mengganggu kehidupan masyarakat dan ekosistem alam. 

Peristiwa ini bisa berlangsung singkat, seperti hujan lebat, tornado, siklon tropis, pembekuan, gelombang panas, dan banjir. Namun, ada juga yang bertahan lama, contohnya kekeringan dan kebakaran hutan ketika musim kemarau.

Apa penyebab cuaca ekstrem?

Menurut itera.ac.id, salah satu faktor penyebab cuaca ekstrem di Indonesia adalah bertiupnya angin dari Benua Asia menuju Benua Australia yang kemudian disebut dengan Monsun Asia. 

Baca Juga: VIRAL! Video Fenomena 'Langit Terbelah' Hebohkan Warga Pacitan, Begini Penjelasan BMKG

Letak Indonesia yang dibelah oleh garis khatulistiwa berdampak pada pergerakan angin ini yang lalu mengindikasikan musim hujan. Pergerakan angin membawa uap air dengan intensitas tinggi yang lalu jatuh menjadi hujan lebat di berbagai wilayah.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah