Cek Ini Waktu Terbaik untuk Saksikan Fenomena Hari Tanpa Bayangan, Lengkap per Daerah di Indonesia

- 6 September 2021, 18:05 WIB
ILUSTRASI: Waktu terbaik untuk saksikan fenomena hari tanpa bayangan lengkap per daerah di Indonesia.
ILUSTRASI: Waktu terbaik untuk saksikan fenomena hari tanpa bayangan lengkap per daerah di Indonesia. /PIXABAY/ Hamsterfreund

BERITA DIY - Berikut ini dijelaskan waktu terbaik untuk menyaksikan fenomena hari tanpa bayangan di Indonesia. Fenomena alam ini diketahui dimulai pada 6 September hingga akhir Oktober 2021.

BMKG menerangkan hari tanpa bayangan disebut juga kulminasi. Fenomena ini terjadi saat posisi matahari berada paling tinggi di langit.

"Saat deklinasi Matahari sama dengan lintang pengamat, fenomenanya disebut sebagai Kulminasi Utama," kata BMKG dalam situs resminya.

Baca Juga: Fenomena Hari Tanpa Bayangan Mulai Hari Ini di Indonesia: Simak Jadwal, Daftar Wilayah, dan  Cara Menyaksikan

Peneliti Pusat Sains dan Antariksa (LAPAN), Andi Pangerang, mengungkapkan hari tanpa bayangan terjadi dua kali dalam setahun. Kondisi ini terjadi di daerah Garis Balik Utara dan Garis Balik Selatan.

Masyarakat bisa mengamati hari hari tanpa bayangan dengan benda yang ada di sekitarnya, misalnya tongkat maupun spidol. Benda tersebut tinggal diletakkan pada bidang datar di tempat terbuka.

Adapun, waktu terbaik menyaksikan hari tanpa bayangan di sejumlah daerah di Indonesia sebagai berikut:

Baca Juga: Apa Itu Hari Tanpa Bayangan Matahari? Fenomena Alam yang Akan Segera Terjadi di Indonesia, Ini Penjelasannya

Indonesia bagian barat

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x