Mengenal Vaksin Sputnik V, Tingkat Keampuhan atau Efikasi Lawan Covid-19, Efek Samping, dan Asal Negara

- 29 Agustus 2021, 14:25 WIB
ILUSTRASI - Penjelasan vaksin Sputnik V lengkap dengan efikiasi, efek samping, dan asal negara.
ILUSTRASI - Penjelasan vaksin Sputnik V lengkap dengan efikiasi, efek samping, dan asal negara. /Pixabay/geralt

BERITA DIY - Kenali Sputnik V jenis vaksin terbaru yang juga sudah mendapat persetujuan penggunaan mulai dari efikasi, efek samping yang ditimbulkan, hingga asal negara.

Guna mempercepat tercapainya herd immunity pemerintah terus melakukan beberapa cara, salah satunya adalah dengan memperkenalkan vaksin Sputnik V. 

Diketahui vaksin Sputnik V merupakan keluaran produk dari Rusia, vaksin ini diresmikan pada bulan Agustus 2020. Terdapat beberapa klaim yang dikabarkan oleh pembuat vaksin tersebut mulai dari efikiasi hingga efek samping yang dihasilkan.

Baca Juga: Perbedaan Vaksin Coronavac, Sinovac, dan Sinopharm Lengkap dengan Dosis, Keampuhan, dan Jarak Suntik

Mengutip dari laman resmi Badan POM terdapat beberapa penjelasan mengenai vaksin Sputnik V ini sendiri. Bahkan badan POM telah mengeluarkan Emergency Use Authorization atau disebut EUA.

Pemberian status untuk dapat digunakan dalam kondisi darurat bagi vaksin Sputnik V telah dilakukan sejak lama. Menurut Badan POM pihaknya telah secara resmi mengeluarkan izin tersebut terhitung sejak 24 Agustus 2021.

Sebagai penjamin mutu dan kemananan vaksin Sputnik V di Indonesia dipasrahkan kepada PT Pratama Nirmala yang telah mendapatkan sertifikat EUA dari Badan POM.

Baca Juga: Ketahui Efek Samping Vaksin Pfizer, AstraZeneca, Sinovac, dan Moderna yang Terjadi Setelah Vaksinasi

Lebih lanjut, Badan POM juga menjelaskan terkait beberapa kelebihan yang dimiliki oleh vaksin Sputnik V untuk melawan penyebaran Covid-19 di Indonesia dan di berbagai daerah yang lainnya.

Tak tanggung-tanggung bahkan Badan POM telah melakukan penelitian bersama tim nasional pencegahan Covid-19 terkait vaksin Sputnik V tersebut.

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa

Sumber: pom.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x